Trending

Bingung! Munarman sebut bank itu riba, tapi kok punya rekening pribadi?

Baru-baru ini, eks Sekretaris Umum atau Sekum FPI, Munarman menyebut, menyimpan uang di bank sebenarnya perbuatan riba. Sebab, kata dia, dalam praktiknya terdapat bunga atau biaya penyimpanan yang dikenakan kepada nasabah.

Pernyataan Munarman tentu membuat banyak pihak heran. Mengingat, Munarman memiliki rekening pribadi yang baru-baru ini dibekukan pemerintah. Bahkan, rekening tersebut bukan berasal dari bank syariah, melainkan konvensional. Lantas, bagaimana dia menjelaskan hal ini?

Disitat dari video Blak-blakan, Munarman mengatakan, sebenarnya dia sudah menjauhi bank sejak lama. Namun, untuk satu keperluan, dia membuka rekening sebagai tempat penampungan uang orang tua, adik-adiknya, serta para saudaranya.

“Saya sendiri secara pribadi sebenarnya tidak punya rekening, saya tidak menggunakan perbankan karena memang saya tak mau lagi terlibat dalam hal-hal yang sifatnya riba, bunga, begitu ya. Jadi rekening itu memang lebih kepada (tempat) penampungan uang,” ujar Munarman, dikutip Rabu 13 Januari 2021.

Munarman. Foto: Suara
Munarman. Foto: Suara

Munarman menambahkan, rekeningnya tersebut sudah dibuka sejak 2015 atau 2016 lalu. Namun, meski begitu, yang mengelola uang di dalamnya bukan dia, melainkan adik-adiknya.

“Itu bukan saya yang mengelola. Itu adik-adik saja juga, dia yang pegang buku-bukunya, tapi atas nama saya karena mereka percaya saya. Kira-kira begitu. Jadi normal-normal saja,” tegasnya.

Munarman kesal rekening pribadinya diblokir

Pada kesempatan yang sama, Munarman mengaku kesal dengan upaya pemerintah memblokir rekening pribadinya. Padahal, kata dia, uang tersebut tak ada kaitannya dengan kegiatan FPI di Indonesia. Bahkan, dia menyamakan perilaku tersebut dengan kelompok Zionis di Israel.

“Rezim ini menggunakan strategi militer untuk memotong logistik lawan. Cara seperti ini mengadopsi Amerika, Yahudi, Israel, Zionis,” tegasnya.

Munarman FPI. Foto: Antara
Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman. Foto: Antara

Dia memastikan, rekening tersebut berisikan uang puluhan juta rupiah. Rencananya, uang itu mau dia gunakan untuk biaya pengobatan ibunya yang sedang dirawat di rumah sakit.

“Di rekening itu isinya beberapa puluh juta untuk menampung uang pensiun bapak saya, sumbangan dari para kakak dan adik untuk biaya berobat ibu yang sudah dua tahun sakit,” kata Munarman.

loading...
Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close