Trending

Bingung tak dapat listrik gratis 3 bulan? Kode ini sebabnya

Pelanggan listrik banyak yang kecele karena tidak mendapatkan listrik gratis 3 bulan dan diskon 50 persen selama tiga bulan, akibat dampak wabah penyakit virus corona 2019 atau Covid-19.

Presiden Jokowi menggratiskan pembayaran listrik untuk April, Mei, Juni bagi 24 juta pelanggan listrik daya 450 VA dan 7 juta pelanggan listrik dengan daya 900 VA.

Ketentuan gratis dan diskon listrik selama wabah Covid-19 diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan dalam masa Covid-19.

Namun perlu kamu sekalian ketahui, listrik gratis 3 bulan dan diskon 50 persen 3 bulan itu cuma berlaku untuk pelanggan kategori miskin. Jadi cek dulu ID pelanggan atau nomor meter listrik kamu, apakah masuk kategori miskin atau tidak.

Petugas PLN
Petugas PLN. Foto Instagram @plnjogja

Untuk pelanggan listrik, segeralah cek kode tarif daya listrik. Apakah kodenya RI atau R1M. Ingat ya pelanggan yang mendapatkan gratis listrik atau diskon adalah pelanggan dengan kode tarif daya R1. Untuk pelanggan dengan kode R1M tidak mendapatkan keringanan tersebut, karena kode M artinya adalah ‘mampu’.

Baca juga: Ngeri! China gelar latihan perang saat rivalnya sibuk hadapi corona

Banyak pelanggan sudah ramai mengikuti arahan PLN mendapatkan token gratis listrik, baik melalui website atau WhatsApp. Pelanggan cukup memasukkan ID pelanggan atau nomor meter, namun banyak yang mengeluhkan kenapa mereka tidak masuk dalam 24 juta rumah tangga dan 7 juta tumah tangga yang mendapatkan keringanan pembayaran listrik tersebut.

Beberapa pelanggan kecewa, karena mereka mendapatkan notifikasi ‘minta maaf’ dari PLN

“Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga data 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial),” demikian salah satu notifikasi yang muncul.

Meteran listrik
Meteran listrik. Foto Instagram @@allan_jaa

Namun demikian, kode R1 pun belum menjamin kamu bakal mendapatkan keringanan pembayaran listrik. Salah satu pelanggan listrik curhat di Twitter, ID pelanggan atau nomor meter listriknya berkode R1, namun saat membayar kok tiba-tiba menjadi kode R1M, yang konsekuensinya dia tidak mendapatkan gratis atau diskon 50 persen.

“Ini kasusnya ky punyaku, di meteran R1 pas bayar berubah jadi R1M, sbnrnya 900va ada yg bener2 disubsidi ngga sih?kalau memang itu dialihkan utk saudara2 yg 450vs sy ndak mslh, tp kalau cuma di…ahsudahlah,” curhat akun @Keliekh membalas akun @Adend20.

Token listrik gratis
Token listrik gratis. Foto Twitter @pln_123

Ada pula pelanggan listrik yang sebenarnya mampu namun meminta keringanan waktu pembayaran listrik. Akun @ajenghoty mengungkapkan wabah Covid-19 berdampak bagi perekonomian keluarganya. Akun ini rela tidak mendapatkan gratis listrik namun minta ada toleransi pembayaran.

“Sy ga minta gratis min, cm minta toleransi utk pembayarannya aja. Efek besar dampak dr covid19 sehingga tidak ada pemasukan sama sekali dr pekerjaan suami sy. uang cm ckup utk mkan sekeluarga, katanya mau diputus lstrik sy, sy punya bayi min, tolong dipertimbangkan,” tulis @ajenghoty.

Jadi kini kamu yang sudah mengecek sudah tahu listrik gratis diskon atau tidak dalam bulan April, Mei dan Juni.

Topik

4 Komentar

  1. Haduhhh… saya stres banget
    Enggak punya duit buat beli pulsa listrik
    Kerjaan gak ada
    Pemasukan gak ada
    Mau nyuci mikirin listrik
    Mau gosok mikirin listrik
    Ya allah harus bgiimana lagi ya
    Setelah cek pulsa gratis ternyata kode nya RIM
    Pdhal saya ajah ini rumah numpang
    Tolong lahh sayaaa
    Saya butuh listrik untuk bayi saya setiap hari harus cuci popok
    Anak saya yg balita jg ..
    Ya ampun harus bagaimana iini

  2. Kenapa rim di sangka mampu. Sebenernya g begitu juga kali.ada yg sebenernya mampu tp mash dpt subsidi..kan g adil juga itu namanya

  3. Kenapa rumah saya rim nya jd r1m padahal awalnya cuma R1 mana lg dirumah harga karet turun, mau beli beras aja susah ini listrik malah naiknya 2 kali lipat, mohon keringanan nya dong, sodara saya banyak Masi sekolah semua kasian orang tua ngurus keuangannya 😭😭

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close