Hot

Biodata Larissa Chou, mantan mantu ustaz berdarah Tionghoa yang lahir dari keluarga Nasrani

Biodata Larissa Chou, mantan mantu ustaz berdarah Tionghoa yang lahir dari keluarga Nasrani

Larissa Chou kerap menjadi sorotan publik karena kehidupan pribadinya. Mulai dari pernikahan dengan putra almarhum Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz yang hanya bertahan lima tahun hingga kisah mualafnya. Larissa sempat mendapat penolakan dari keluarga sebelum akhirnya diterima sebagai Muslim. Seperti apa biodata Larissa Chou? Simak ulasan berikut.

Muslima Fest

Larissa Chou biodata

Larissa Chou lahir di Cirebon, 23 April 1996. Wanita berdarah Tionghoa ini kabarnya merupakan putri dari motivator agama Kristen bernama Chou Lingling. Ia merupakan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Chou Lingling/Rudi Gunawan dan Julie Tan Herisman. Larissa memiliki seorang adik bernama Cathleen Tricia.

Mualaf

Larissa Chou. Foto: Instagram @larissachou
Larissa Chou. Foto: Instagram @larissachou

Beda agama dengan keluarganya, Larissa Chou memilih untuk menjadi seorang mualaf. Kesederhanaan dalam Islam membuat Larissa tertarik untuk pindah agama. Dia mengagumi ibadah umat Muslim yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Dari situ, ibu satu anak ini mulai memperdalam ilmu agama Islam lewat YouTube. Setelah itu, Larissa mulai diskusi dengan Alvin Faiz dengan menghubunginya melalui email.

Keduanya mulai dipertemukan dalam beberapa acara. Larissa kemudian semakin yakin untuk menjadi seorang mualaf. Alvin sendiri lah yang membimbing Rissa mengucapkan dua kalimat syahadat.

“Tanpa ada keraguan sama sekali masuk Islam. Keputusan besar buat orang agak tabu. Saya sudah berjuang memilih Islam karena bukan disuruh orang. Tidak mikir kemana-mana. Allah sendiri yang sudah memilih,” kata Larissa Chou.

Alvin dan Larissa resmi menikah pada 2016 silam. Namun karena permasalahan tertentu, keduanya kini resmi cerai.

Dapat pertentangan

Menurut Larissa, perjalanannya menemukan Islam tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi, terutama dari keluarga. Namun seiring berjalannya waktu, Larissa mulai diterima oleh keluarga hingga saat ini.

“Pilihan hidup gadis Tionghoa memilih masuk Islam dan berhijab jelas ditentang keluarga. Mana ada keluarga yang mau anaknya pindah agama,” ujarnya.

Tak berhenti sampai di situ, Larissa Chou tetap mendapat perlakuan yang kurang mengenakkan dari orang-orang sekitarnya. Larissa sering disindir mualaf hanya karena ingin menikah dengan Alvin.

Larissa Chou, ibu dan adik. Sumber Foto: Instagram
Larissa Chou, ibu dan adik. Sumber Foto: Instagram

“Rasisme yang pernah aku terima 1. Dari orang-orang non Chinese, 2. Dari sesama Chinese. “Dari orang non Chinese:  Kok mantu ulama orang China, yaelah menang wajah oriental doang dan putih makannya terkenal, mualaf demi laki-laki ye, karena Chinese doang nih dipilih jadi bini buat keturunan,” ucapnya.

Tak hanya dari masyarakat lokal, wanita 25 tahun tersebut juga sering menerima hujatan dari sesama masyarakat berdarah Tionghoa. “Dari sesama Chinese: Bego banget sih masuk Islam, gak cocok pakai jilbab, dasar Cina Bego mau aja jadi muslimah gitu, padahal masih banyak cowok Chinese kenapa pilih sama anak Kyai.”

Namun, Larissa Chou memilih untuk tidak ambil pusing dan tetap istiqomah sebagai Muslim yang baik.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close