Trending

BMKG: Sejumlah gempa bumi terjadi di Indonesia Sabtu dini hari

Indonesia mengalami sejumlah gempa bumi yang terjadi sepanjang Sabtu dini hari, 1 April 2020. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi di Indonesia setidaknya terjadi di dua lokasi.

Gempa bumi pertama yang terjadi Sabtu terjadi di Palu, Sulawesi Tengah. Ada dua kali gempa yang terasa di Palu, yakni berkekuatan 3 skala richter (SR) dan 2,1 SR.

Baca Juga: Suara dentuman misterius di Jabodetabek, warga hingga artis beri kesaksian

BMKG melalui laman resminya yang dikutip di Jakarta, menyebut kedua gempa tersebut berpusat di darat dengan kedalaman delapan kilometer.

Ilustrasi gempa. Foto: Istimewa.
Ilustrasi gempa. Foto: Istimewa.

Gempa bumi pertama di Palu, terjadi pada Sabtu dini hari, sekira pukul 02.59 WIB berada pada titik koordinat 0.81 Lintang Selatan, 119.92 Bujur Timur, sekitar 11 kilometer arah timur laut kota Palu.

Kemudian, gempa susulan dengan magnitudo 2,1 terjadi pukul 03.01 WIB pada titik koordinat 0.79 Lintang Selatan, 119.94 Bujur Timur, sekitar 13 kilometer arah utara kota Palu.

BMKG tidak melaporkan potensi tsunami termasuk kerusakan yang timbul dari gempa bumi yang berpusat di darat itu.

Gempa bumi selanjutnya yang terjadi Sabtu dini hari, dicatat BMKG terjadi di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Gempa tersebut berkekuatan 5,5 SR, dan terjadi sekira pukul 01.45 WIB.

Ilustrasi gempa bumi Foto: antara

BMKG melalui laman resminya di Jakarta, menjelaskan gempa bumi itu berpusat di 5.46 Lintang Utara, 126.54 Bujur Timur, sekitar 163 kilometer barat laut Melonguane, Sulawesi Utara.

Episentrum gempa yang berpusat pada kedalaman 26 kilometer itu tidak berpotensi tsunami.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close