Hobi

Ditanya soal Ninja ZX-25R, jawaban BMW Motorrad bikin adem

Ramainya peminat motor bermesin 250 cc di Indonesia, tak membuat produsen BMW Motorrad mencoba mendorong pabrikan untuk bersaing dikelas tersebut. Bahkan hal tersebut tak diilhami CEO BMW Motorrad yang mengaku trend pasarnya bukan kesana.

Menurut analisa CEO BMW Motorrad Joe Frans, tren sepeda motor di tahun depan bukan pada model motor sport full fairing bermesin 250 Cc, melainkan model skuter matik. “Saya malah melihatnya trend akan ke arah skuter matik yang banyak diburu konsumen,” kata Joe Frans.

Peluang inilah yang menurutnya, BMW Motorrad Indonesia tengah mempersiapkan model mid size scooter terbarunya. Bahkan model skuter yang akan menjadi incaran konsumen yakni yang telah bertenaga listrik.

Kawasaki Ninja ZX-25R versi balap Foto: Ist

Karenanya BMW Motorrad Indonesia sendiri tidak ingin bermain di kelas motor dengan kapasitas mesin 250 Cc, mengingat kebijakan pada produk baru tetap ada pada pabrikan BMW Motorrad. Peluang pasar dengan kapasitas mesin kecil masih akan tetap diisi model G310.

“Yang kami punya merupakan mesin diatas 250 Cc yakni GS310 yang dibekali mesin diatasnya yakni 300 cc, itu merupakan model di kelas mesin kecil bagi BMW,” papar Joe.

Baca juga: Daihatsu recall Gran Max dan Luxio, diakui ada kerusakan connecting rod

Terkait harga motor berkapasitas 250 Cc yang dijual dengan harga mencapai Rp100 juta, Joe mengungkap ya wajar, mengingat G310 sendiri yang memiliki spesifikasi mesin lebih besar dibanderol dengan harga Rp140 juta-an.

CEO BMW Motorrad Indonesia
CEO BMW Motorrad Indonesia foto: Hops/mfd

Selain itu, kedua motor meski memiliki kapasitsa mesin berbeda, namun genetika berbeda dimana mesin 250 cc merupakan tunggangan sport, sedangkan BMW memiliki tunggangan dengan genetika adventure.

Perbedaan tersebut tentu membedakan segmen pasar yang ditarget, hingga konsumen yang akan dibidik produsen terhadap motor yang diluncurkan, memiliki perbedaan yang sangat jauh dan karakter masing-masing.  

“Keduanya memiliki karakter yang berbeda dan genetika kedua motor satu sport namun untuk BMW memiliki genetika adventure,” ujar Joe.

BMW F 900 R
BMW luncurkan motor naked terbaru F 900 R Foto: Hops/mfd

BMW memperkuat produk naked terbarunya

BMW Motorrad Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya, BMW F 900 R tunggangan sport versi naked yang meluncur ke Indonesia, hadir dengan tenaga buas. Motor yang diklaim pertama masuk ke Indonesia ini juga dibekali teknologi canggih.

“Motor ini merupakan model terbaru yang diluncurkan BMW, dan pertama kali hadir di Indonesia, melengkapi jajaran motor naked yang telah dipasarkan,” ungkap CEO PT Maxindo Moto BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans.

Dari sektor pacunya, dibekali mesin hasil pengembangan dari seri F 850 GS, dimana perubahan tersebut meningkatkan kapasitas mesin mencapai 895 cc dua silinder segaris. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 99 dk di 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai sebesar 90 Nm.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close