Hobi

BMW racik mobil SUV hydrogen anti senapan serbu AK-47 dan bom TNT

Produsen BMW baru saja memamerkan hasil pengembangan terbarunya, yakni mobil SUV yang kekinian. Hasil racikannya yakni mobil BMW iX5 hydrogen memiliki teknologi ramah lingkungan dan yang terkeren sistem pertahanan anti senapan serbu.

Dengan teknologi protection VR6 yang terbaru dan sudah banyak diaplikasikan produsen Mercedes Benz untuk kendaraan dinas kepala negara. Produsen BMW juga ikut menggunakan teknologi tersebut untuk jajaran model mobil SUV mewahnya.

Muslima Fest

Pilihan model SUV terbaru yang mendapatkan teknologi tersebut yakni BMW iX5 yang seluruh kaca dan bodinya memiliki perlindungan terbaru yang dikenal sebagai VR6.

BMW iX5
BMW iX5 VR6 hydrogen Foto: BMW

Dengan teknologi tersebut, BMW iX5 menjadi satu-satunya mobil SUV yang ditawarkan dengan tingkat keamanan tinggi saat ini. Produsen mengklaim seluruh bagian mobil mampu menahan serangan yang paling mengerikan sekalipun.

Dimana bodi dan kaca BMW iX5 mampu menahan peluru serbu jenis AK47 dengan kaliber 7,62 mm. Tak hanya itu saja, dibagian bawah mobil juga bisa menahan ledakan dari jenis bom TNT 15 kg.

Kelebihan BMW iX5 dengan teknologi terkini

Penggunaan teknologi VR6 mungkin telah banyak dilakukan oleh produsen lain seperti Mercedes Benz. Namun BMW memiliki strategi tersendiri dalam menciptakan produknya di pasaran.

BMW X5
BMW X5 Foto: Autocar

Tak hanya soal mobil dengan ketahanan antipeluru dan ledakan. BMW menegaskan jika racikan mobil hadir sebagai kendaraan ramah lingkungan yang belum pernah ditawarkan produsen lain.

BMW menggunakan teknologi terbarunya yakni menggunakan mesin dengan bahan bakar hydrogen yang telah dikembangkannya cukup lama. Kini teknologi tersebut digunakan untuk jajaran model BMW iX5 yang dipadukan dengan teknologi keamanan VR6.

Meski mengusung mesin hydrogen tenaga yang mampu dihasilkan dari mesin V8 mampu menghasilkan tenaga mencapai 523 hp. Menjadi satu perpaduan yang unik sebagai mobil teraman di dunia namun juga ramah lingkungan.

Teknologi BMW Hydrogen VR6

VR6 merupakan sebutan bagi teknologi yang dikembangkan untuk memberikan keamanan dari berbagai serangan. Khususnya serangan peluru tajam hingga bahan peledak.

Sistem keamanan ini sendiri menjadi yang tertinggi saat ini dan telah dilakukan uji coba oleh Asosiasi Pusat Pengujian untuk Bahan dan Struktur Tahan Serangan atau VPAM.

Produsen mobil asal Jerman ini tentu bukan tanpa alasan memilih model iX5 sebagai kendaraan yang disematkan teknologi VR6. karena mobil ini menjadi salah satu model terlaris di pasar dunia.

BMW iX5 hydrogen
BMW iX5 hydrogen Foto: Autocar

Bagian bawah juga anti-magnetik untuk mencegah menempelnya alat peledak yang ‘lengket’. Sasis adalah tugas berat dan pelindung bagian bawah bodi aluminium melindungi dari beban gelombang kejut dan serpihan dari serangan granat.

Kaca pelindung setebal 30 mm dan dirancang untuk memberikan perlindungan pasca ledakan. Bahkan setelah ledakan, semua jendela tetap pada posisinya, tanpa celah antara kaca dan bodi, dan semua celah pintu, bodi, dan kompartemen bagasi tertutup rapat. Kompartemen penumpang juga dapat menahan ledakan dari 15kg TNT dari jarak empat meter serta serangan oleh senjata yang paling umum digunakan di dunia, Kalashnikov AK-47 kaliber 7.62mm.

Versi standar memiliki tangki bahan bakar anti bocor tipe penerbangan, tetapi melindungi tangki hidrogen dan katupnya memerlukan pendekatan berbeda dalam bentuk struktur berlapis non-magnetik dan tahan ledakan. Konon, tangki hidrogen komposit telah terbukti tahan terhadap tembakan dan, seperti biasa, ini menjadi sasaran uji ledakan dan kebocoran.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close