Fit

Asal usul Boba dan manfaatnya: Si kecil hitam manis, topping primadona

Minuman kurang lengkap jika tidak ada topping. Si kecil hitam manis, boba selalu menjadi topping primadona di setiap minuman manis yang menggugah selera.

Topping ini kerap disapa boba, pearl atau bubble. Boba atau bubble merupakan kata slang dalam bahasa mandarin. Boba terbuat dari tepung tapioka alias dari singkong yang memiliki bentuk bola mungil seperti kelereng yang rasanya kenyal dan manis.

Kehadiran boba diketahui sejak tahun 1987 terungkap dari artikel “History of bubble tea: how boba, born of a staff competition in Taiwan, became a global phenomenon” di South China Morning Post (18/6).

Asal usul boba dimulai dari seorang perempuan yang bernama Liu Han-Chien yang mencoba meracik ide minuman yang berasal dari teh.

Lalu, Chien membuat eksperimen dengan cara menaruh milk tea tradisionalnya dalam gelas pengocok (cocktail shaker) dan es. Dilansir dari Detik, Chien mengungkapkan bahwa ingin membuat revolusi teh yang disajikan dalam keadaan dingin.

Boba Topping Primadona. Foto: Kompas
Boba Topping Primadona. Foto: Kompas

“Saya pikir ini semacam revolusi dalam sejarah teh (China) karena disajikan dalam keadaan dingin pada waktu itu. Orang-orang berpikir kami gila. Tetapi anak-anak muda sangat menyukainya,” ujar putri Chien, Angela Liu Yen- Ling.

Ide awalnya hanyalah memasukan es batu dan menyajikan teh dingin kepada tamu. Namun, sebelum menyerahkan minuman kepada tamu, managernya (Lin Hsui Hui) sengaja menjahili Chien.

Lin Hsui Hui memasukan boba ke dalam the buatan Chien. Tidak disangka, para tamu sangat menyukainya dan mencapai penjualan yang maksimal. 

“Awalnya ia tidak memberi tahu ayahku. Dia benar-benar menguji coba langsung pada beberapa pelanggan dan mereka menyukainya,” kata Angela.

Manfaat boba

Tidak hanya rasanya saja yang manis, ternyata boba memiliki manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan. Adapun manfaat boba, yaitu:

Boba. Foto: Kompas
Boba. Foto: Kompas
  • Sumber karbohidrat kompleks

Hal pertama yang kamu dapatkan dari mengonsumsi boba adalah karbohidrat dan gula. Karbohidrat pada boba tapioka merupakan kabohidrat komplek berbentuk pati dan memiliki karbohidrat yang banyak terdapat pada umbi umbian yang bertahan lama di dalam saluran perncernaan. Sehingga, kamu akan merasa lebih kenyang setelah mengkonsumsi boba.

  • Memberikan tubuh asupan cairan

Boba dapat memberikan manfaat dalam pemenuhan asupan cairan. Boba mengandung 250-500 ml air. Hal ini membuat kamu akan mendapatkan rasa haus dan memicu untuk meminum air putih.

  • Menyumbang sedikit mineral

Mengandung beragam mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, dan fosfor dalam jumlah kecil yang berasal dari tepung tapioka.

  • Mengandung antioksidan

Dalam versi boba di Taiwan, bahan utamanya berupa teh hitam yang kaya akan polifenol. Sebagai antioksidan, polifenol membantu menyehatkan pembuluh darah dan menurunkan resiko penyakit akibat tingginya kadar kolesterol.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close