Trending

Bolak balik temui Djoko Tjandra, jaksa Pinangki punya miliaran rupiah dan 3 mobil

Kasus Djoko Tjandra menyeret sejumlah pejabat pemerintahan, salah satunya jaksa Pinangki Sirna Malasari. Beredar foto Pinangki bersama terdakwa kasus Bank Bali tersebut.

Buntutnya, jaksa Pinangki dicopot dari jabatannya karena terbukti melanggar disiplin dan kode etik. “Wakil Jaksa Agung telah memutuskan tentang penjatuhan hukuman disiplin tingkat berat berupa pembebasan dari jabatan struktural atau di-nonjob-kan kepada terlapor (Pinangki),” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020 dikutip dari Antara.

Baca juga: Sepak terjang Pinangki Sirna Malasari, jaksa yang bareng pengacara Djoko Tjandra

Berkali-kali sambangi Djoko Tjandra di luar negeri

Sebelum dicopot, Pinangki menjabat sebagai Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan.

Dia menjadi jaksa di Kejagung RI sejak tahun 2005. Sebelumnya, ia sempat menjadi dosen di Universitas Trisakti dan Universitas Jayabaya.

Kuasa hukum Djoko Tjandra (kiri) bersama staf Kejagung yang disebut bernama Pinangki Sirna Malasari. Foto: ist/inews.id
Kuasa hukum Djoko Tjandra (kiri) bersama staf Kejagung yang disebut bernama Pinangki Sirna Malasari. Foto: ist/inews.id

Diketahui, peraih gelar doktor dari Universitas Padjajaran itu beberapa kali diduga menemui Djoko Tjandra di pelarian. Dari hasil klarifikasi Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung, Pinangki sudah melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa izin pimpinan sebanyak 9 kali serta bertemu dengan diduga Djoko Tjandra.

Pinangki mengaku berangkat sendiri ke luar negeri atas biaya pribadi. “Antara lain ke Singapura dan Malaysia, dia berangkat sendiri dan pengakuannya biaya sendiri. Bertemu dengan (Djoko Tjandra dan Anita Kolopaking) sebagaimana yang ada di dalam foto (beredar di media sosial),” kata Hari.

Hartanya naik Rp4,7 miliar

Belasan tahun menjadi jaksa dan pernah berprofesi sebagai dosen, harta yang dimiliki Pinangki mencapai miliaran rupiah. Ditilik dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilansir dari situs KPK, ia memiliki kekayaan Rp6.838.500.000.

Pinangki Sirna Malasari
Pinangki Sirna Malasari. Foto: Instagram

Jumlah itu dilaporkan Pinangki pada ke KPK pada 31 Agustus 2019 untuk periodik 2018.

Hartanya terdiri dari 3 aset tanah dan bangunan yang berlokasi di Bogor dan Jakarta Barat dengan total nilai sekitar Rp 6 miliar. Ia juga memiliki aset dalam bentuk kas senilai Rp 200 juta.

Dia memiliki tiga buah kendaraan roda empat senilai Rp630 juta. Pertama adalah sebuah mobil Nissan Teana tahun 2010 seharga Rp120 juta. Lalu ada mobil mewah yang biasa dipakai pejabat, Toyota Alphard senilai Rp450 juta. Terakhir mobil merakyat, Daihatsu Xenia yang ditaksir senilai Rp60 juta.

Pinangki tercatat melaporkan LHKPN pada 10 April 2008 dan 31 Agustus 2019 dengan rincian di atas. Melihat data LHKPN tahun 2008, dia tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp2.090.624.000. Jadi bisa dibilang dalam waktu 11 tahun, hartanya bertambah sekitar Rp 4,7 miliar.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close