Trending

Bolehkah nonton video makanan, minuman atau mukbang saat puasa? Ini kata Habib Husein Jafar

Bulan puasa, menjadi ajang bagi umat Islam untuk menahan hawa nafsu, mulai dari makan, minum dan lainnya. Namun demikian, masih terdapat beberapa pertanyaan di benak banyak orang terkait puasa. Seperti misalnya, bolehkah nonton video makanan, minuman atau mukbang saat sedang menjalankan ibadah puasa? Bagaimana hukumnya dalam Islam?

Pertanyaan tersebut juga dibahas oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar bersama komika Tretan Muslim. Dalam konten Kultum Pemuda Tersesat, Habib Husein mengatakan bahwa menonton video semacam yang dimaksud malah bisa memperberat ibadah puasa yang dijalankan.

Muslima Fest

“Itu akan memperberat puasa dia (yang menonton). Ini menyiksa diri,” katanya dilansir Hops.ID dari kanal Majelis Lucu, Senin 26 April 2021.

Ilustrasi mukbang. Foto: Men's Health
Ilustrasi mukbang. Foto: Men’s Health

Habib Jafar menyatakan, nonton video-video kuliner saat berpuasa, apalagi sambil membayangkan kenikmatan makanan atau minuman yang ada di video, itu namanya lapar mata.

“Kalau nonton yang haram-haram, disebutnya zina mata. Nah, kalau ini namanya lapar mata, matanya yang lapar,” ujarnya.

Habib Jafar pun lantas memberikan gambaran seraya membandingkan mana kegiatan yang ada manfaatnya saat puasa, mana yang tidak.

“Nah, soal lapar mata ini, begini. Kalau memang sesuatu itu seandainya bermanfaat, maka dikasih jalan (oleh Allah). Karena Islam itu mudah, kata Nabi,” tuturnya.

“Makanya nyicip makanan, kalau cewek masak untuk suaminya itu boleh, asalkan langsung dikeluarin lagi, asalkan tahu rasanya, oh ini kurang ini, kurang itu, karena bermanfaat. Ataupun kalau laki-laki yang masak (diperbolehkan). Nah, itu manfaat,” sambung Habib Jafar.

Habib Husein Ja'far Al-Hadar. Foto: Instagram @husein_hadar
Habib Husein Ja’far Al-Hadar. Foto: Instagram @husein_hadar

Lebih jauh, Habib Jafar menilai bahwa nonton video kuliner makanan, minuman atau mukbang saat tengah puasa itu tidak ada manfaatnya, dan yang ada hanya kesia-siaan.

“Kalau Anda nonton mukbang, apa manfaatnya? Kesia-siaan. Jadi akhirnya, lagi-lagi sia-sia Anda. Anda melakukan hal sia-sia yang membuat puasa Anda sia-sia,” tegasnya.

Habib Husein Jafar mengatakan menonton video makan, minum atau mukbang itu tidak membatalkan puasa. Hanya saja, itu perbuatan yang sia-sia, yang tidak ada manfaatnya dan menyiksa diri sendiri.

“Pertama enggak bermanfaat, yang kedua menyiksa diri Anda dan mengurangi pahala puasa kalau membayangkan (makanan/minuman),” pungkasnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close