Hobi

Buka IIMS Hybrid 2021, Jokowi ajak tingkatkan industri otomotif dan teknologi hijau

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut membuka langsung acara besar tahunan dunia otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.

Dalam pembukaan yang dilaksanakan secara virtual alias daring tersebut, Jokowi membicarakan soal ekonomi industri otomotif di Indonesia yang terus menunjukkan perningkatan. Bahkan menurut data dari Menteri Perindustrian, kata Jokowi, peningkatan terhadap pasar otomotif di Indonesia naik sampai 190 persen.

Jokowi mengatakan, dengan demikian artinya industri otomotif di Indonesia sudah bangkit kembali.

“Saya mendapatkan laporan dari menteri perindustrian, ada kenaikan 190 persen, artinya yang memproduksi kewalahan, artinya lagi industri otomotif juga sudah bangkit kembali,” kata Presiden Jokowi, dikutip Hops pada Kamis, 15 April 2021.

Acara IIMS 2021. Foto: Hops/Ysft
Acara IIMS 2021. Foto: Hops/Ysft | Buka IIMS Hybrid 2021, Jokowi ajak tingkatkan industri otomotif dan teknologi hijau

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan kepada pelaku usaha di dunia otomotif dan lembaga pemerintah terkait agar terus meningkatkan perekonomian Indonesia secepatnya. Mengingat pandemi Covid-19 lalu sempat membuat perekonomian dunia dan khususnya Indonesia anjlok.

“Harus kita ingat bersama-sama kita masih ada di masa pandemi, kita harus tetap waspada terhadap pandemi Covid, tapi juga kita tidak boleh menggerakan ekonomi. Gas dan rem dalam penanganan kesehatan dan ekonomi harus terus kita jaga dan kita lakukan agar kesehatan aman, ekonomi bisa bergerak maju,” ujar Jokowi.

“Industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian kita yang harus segera diakselerasi dan dipercepat, karena di sini banyak keterlibatan pelaku usaha,” sambungnya.

Jokowi kemudian juga menegaskan kembali agar sistem ekonomi yang meningkat dibarengi dengan penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraaan masyarakat di dalam negeri.

“Nilai tambah untuk ekonomi dalam negeri juga harus jadi prioritas, tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Kendati demikian, Jokowi mengungkapkan, produksi industri di Indonesia tentu juga harus menyerap sumber-sumber dari dalam negeri. Tidak hanya mengurus soal pasar dalam negeri, namun juga merambah ke dunia ekspor.

“Oleh karena itu, pemerintah berharap kapasitas produksi industri otomotif dalam waktu dekat ini bisa ditingkatkan. Dengan pemakaian kandungan lokal yang semakin tinggi dan juga bukan hanya mengurus pasar dalam negeri saja tapi bergerak menggarap pasar-pasar ekspor. Ini saya lihat peningkatannya sudah baik tapi kita tentu lebih ingin meningkatkannya lagi,” jelasnya.

Pameran otomotif IIMS. Foto: Ist.
Pameran otomotif IIMS. Foto: Ist | Buka IIMS Hybrid 2021, Jokowi ajak tingkatkan industri otomotif dan teknologi hijau

Lebih lanjut, dia menambahkan soal pentingnya teknologi terbarukan atau yang biasa disebut sebagai teknologi hijau. Kedepannya, Jokowi berharap agar penggunaan teknologi yang mementingkan kondisi lingkungan terus berkembang pesat, bahkan industri teknologi hijau jadi salah satu yang diunggulkan di Indonesia.

“Selain itu transformasi menuju green teknologi juga harus dilakukan, teknologi hijau dan produk hijau, ini ke depan akan jadi tumpuan kita. Penggunaan teknologi hijau harus terus dilakukan, demikian juga dengan pengembangan industri mobil listrik ini juga harus dipercepat dan diharapkan jadi salah satu industri negara kita, Indonesia,” tandasnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close