Hobi

Bukan cuma joget, pengguna bakal bisa cari kerja di TikTok

Selain bikin konten joget, ke depannya pengguna TikTok bakal bisa cari kerja lho di platfrom tersebut. Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

TikTok saat ini menjadi salah satu aplikasi yang digandrungi oleh banyak orang, terutama anak-anak muda di seluruh dunia. Konsep video singkat yang ditambah dengan musik latar belakang, ternyata disukai oleh pengguna.

Bahkan, gebrakan konsep media sosial yang berinduk ke ByteDance itu membuat media sosial lain meluncurkan fitur dengan konsep serupa, sebut saja Instagram dengan Reels-nya yang dimaksudkan untuk menjadi pesaing TikTok.

Selain joget, kini konten di TikTok makin beragam, dari mulai fakta unik, konten makanan, review gadget dan otomotif, hingga pamer kekayaan, menjadi konten-konten yang tak jarang menghiasi beranda dari TikTok.

Ilustrasi aplikasi TikTok. Foto: Aaron Weiss di Unsplash
Aplikasi TikTok. Foto: Aaron Weiss di Unsplash

Selain konten yang menarik, sederet fitur yang dihadirkan juga membuat pengguna betah bermain TikTok. Kini, TikTok dikabarkan akan memiliki fitur baru, di mana penggunanya bisa mencari kerja, lho.

Menurut laporan dari Axios, TikTok telah menguji alat perekrutan pekerjaan untuk membantu para pengguna yang butuh menemukan pekerjaan. Selain itu, fitur tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk perusahaan yang ingin merekrut tenaga kerja baru.

Meski demikian, fitur baru untuk pencari kerja itu tidak akan ditanam di aplikasi utama TikTok. Alih-alih, media sosial tersebut akan menyediakan sebuah laman website yang berisi daftar lowongan kerja.

“Karena ini adalah TikTok, Anda dapat memposting video resume Anda ketimbang resume yang ditulis seperti cara lama yang membosankan itu,” kata laporan tersebut dilansir Endgadget, Sabtu 15 Mei 2021.

Ilustrasi TikTok. Foto: Pixabay
Aplikasi TikTok. Foto: Pixabay

“Anda mungkin dapat menambahkan video resume Anda ke profil Anda juga,” sambungnya.

Mengingat TikTok kini tengah banyak digandrungi oleh anak muda, di mana anak muda rela menghabiskan banyak waktu untuk menonton konten-konten menarik di platfrom tersebut, hadirnya fitur mencari kerja ini dinilai menjadi langkah yang bagus, bagi mereka yang ingin mencari kerja.

Namun di sisi lain, banyak kasus di mana orang kehilangan pekerjaan mereka karena postingan yang tidak pantas di TikTok, jika perusahaan melihat lebih dekat akun mereka.

Jadi, mungkin kalau fitur ini sudah hadir, pengguna bisa menyiapkan akun kedua alias second account, yang disiapkan untuk tujuan profesional mencari pekerjaan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close