Fit

Bukan cuma ngaji, Ustaz Evie Effendi pernah tersandung 5 kontroversi ini

Ustaz Evie Effendi identik sebagai ustaz gaul yang disenangi oleh kalangan milenial lantaran materi ceramahnya yang mudah dimengerti. Namun, beberapa kurun waktu belakangan, namanya menjadi sering tersandung masalah. Bukan hanya perkara video ngaji, namun ia juga pernah menghebohkan publik karena beberapa kontroversi berikut.

Sebut Nabi Muhammad SAW sesat

Pada 2018 lalu, video dakwah Ustaz Evie Effendi viral lantaran dirinya menyebut Nabi Muhammad SAW pernah sesat. Pernyataan itu terlontar ketika Ust. Evie tengah menafsirkan surat Ad-Dhuha ayat 7. Menurutnya, maulid nabi adalah bagian dari perayaan kesesatan Nabi Muhammad.

Lantaran hal ini, Ust. Evie dipanggil oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk dimintai keterangan. Pihak MUI pun mengaku bahwa sang Ustaz telah meminta maaf terkait pernyataannya yang kontroversial.

Topi Jerusalem

Identik dengan gaya berpakaiannya yang kasual dan khas anak muda, Ustaz Evie Effendi seolah berusaha keluar dari stigma ‘kaku’ yang melekat pada tokoh-tokoh dakwah. Namun, siapa sangka jika dirinya justru mendapat kritikan tajam karena hal ini.

Baca Juga: Kontroversi Evie Effendi, ustaz gaul yang ceramah pakai topi Yerusalem

Ustaz Evie Effendi ceramah sambil mengenakan topi bertuliskan Jerusalem
Ustaz Evie Effendi ceramah sambil mengenakan topi bertuliskan Jerusalem. Foto: facebook

Saat itu, Ust. Evie mengenakan topi bertuliskan Jerusalem lengkap dengan kaos berwarna hitam. Jerusalem sendiri merupakan kota suci yang menjadi sengketa antara umat Muslim, Nasrani, dan Yahudi. Kendati begitu, Jerusalem diklaim sebagai ibu kota Israel yang memiliki mayoritas penduduk Yahudi.

Nishfu Sya’ban

Dalam salah satu ceramahnya, Ust. Evie Effendi juga pernah menyebut bahwa hadits Nishfu Sya’ban adalah bid’ah dan lemah. Ia juga meminta agar jemaah membeli buku karangan Syek Nasiruddin Al-Abani.

“Nishfu Sya’ban ini rata-rata hadist-nya cacat. Tidak nyambung ke Nabi… Qala Rasulillah. Rasul bersabda, ‘Barang siapa memakai topi Jerussalem, dia terancam masuk neraka’ pasti laku” ujarnya.

Ustaz Evie Effendi pernah sebut Nabi Muhammad sesat
Ustaz Evie Effendi pernah sebut Nabi Muhammad sesat Foto: Galuh

Tak pernah masuk pesantren

Dilansir dari Tribun, Ustaz. Evie Effendi mengaku dirinya hanya lulusan SMP. Ia juga tak pernah mengenyam pendidikan berbasis agama Islam sebelumnya. Dengan modal hijrah, Ust. Evie rajin mendatangi berbagai pengajian di masjid-masjid untuk mempelajari ilmu agama.

Tak dipungkiri bila latar belakangnya ini sering dipermasalahkan setiap kali Ust. Evie tersandung kontroversi. Tak sedikit yang beranggapan bahwa dirinya tak memiliki kapabilitas dalam memberi dakwah dan menjadi seorang Ustaz.

Pernah dipenjara

Ustaz Evie Effendi ternyata pernah menjadi warga binaan rutan Kebon Waru. Ia ditangkap lantaran melakukan penusukan pada korban yang merupakan temannya sendiri. Dilansir dari Detik, dia menjelaskan, “Saya pernah melukai perut teman pakai pisau cutter. Ya, selama tiga bulan berada di penjara rutan Kebon Waru.”

Gegara berbagai kontroversi tersebut, ia sudah berkali-kali dilaporkan ke polisi oleh beberapa pihak yang merasa terganggu dengan dakwahnya.

Hmm, gimana nih menurutmu? Semoga informasi ini bisa bikin kita lebih jeli dalam memilah mana informasi yang baik, mana yang tidak, ya. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close