Trending

Bukan di Lombok! Ternyata Syekh Ali Jaber dimakamkan di Tangerang, ini potretnya

Sejumlah informasi terkait lokasi makam Syekh Ali Jaber beredar dan hangat diperbincangkan publik. Ternyata Syekh Ali Jaber bakal dikembumikan di Pesantren Daarul Quran Cipondoh Tangerang, Banten bukan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menyitat laporan Suara, ternyata makam Syekh Ali Jaber di Pesantren Daarul Quran Cipondoh Tangerang sudah digali dan dipersiapkan.

Tampak dari potret dan pantauan di lapangan, tanah yang menjadi makam Syekh Ali Jaber sudah digali oleh para penggali makam.

Mereka juga telah menyiapkan sejumlah kayu yang nantinya difungsikan sebagai penutup dari jenazah Syekh Ali Jaber.

Terlihat kurang lebih sekitar empat orang tengah memperispakan makam Syekh Ali Jaber di salah satu halaman Ponpes Darrul Quran.

Sesuai dengan rencana, pria kelahiran Madinah ini bakal dimakamkan pada sore hari ini, Kamis, 14 Januari 2021.

Bukan di Lombok! Ternyata Syekh Ali Jaber dimakamkan di Cipondoh, ini potretnya. Foto: Suara
Bukan di Lombok! Ternyata Syekh Ali Jaber dimakamkan di Cipondoh, ini potretnya. Foto: Suara

Sebagaimana diketahui, pemilik Pondok Pesantren Daarul Quran, Ustaz Yusuf Mansur mengatakan bahwa Syekh Ali Jaber bakal dimakamkan di pesantren miliknya.

Hal tersebut atas permintaam Syeikh Muhammad dan keluarga, Pendakwah asal Madinah, Syekh Ali Jaber.

“Atas permintaan Syeikh Muhammad dan keluarga, beliau dimakamkan di Darul Quran,” ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Pesantren Daarul Quran Cipondoh. Foto: Suara
Pesantren Daarul Quran Cipondoh. Foto: Suara

Yusuf Mansur sendiri merasa terhormat lantaran pondok pesantrennya dijadikan sebagai tempat seorang Syekh Ali Jaber dimakamkan.

“Syeikh Muhammad merasa Daqu (Darul Quran) rumahnya Syeikh Ali,” imbuhnya.

Pernyataan Syekh Ali Jaber terkait makam di Lombok

Dalam sejumlah penggalan ceramah yang diunggah oleh saluran YouTube Sasak Update TV, Syekh Ali Jaber sempat mengungkapkan kepada para jemaahnya lokasi yang dia idamkan jika nantinya meninggal dunia.

Pada video tersebut, Syekh Ali Jaber mengungkapkan alasan pribadinya di balik permintaan ingin jasadnya dikebumikan di tanah Pulau Lombok.

Menurutnya, Lombok jadi salah satu tempat yang membuatnya nyaman, terlebih pulau ini telah menjadi salah satu bagian dalam hidupnya.

“Ketika saya di Lombok ini, saya jauh lebih merasa nyaman,” kata Syekh Ali Jaber dalam video tersebut, dikutip Hops.id pada Kamis, 14 Januari 2021.

Syekh Ali Jaber sendiri merupakan keturunan dari salah satu tokoh masyarakat yang terpandang di Pulau Lombok. Semasa hidup di Lombok, kakeknya jadi salah satu tokoh pergerakan yang mampu mempersatukan masyarakat Sasak untuk melawan penjajahan dan kolonialisme.

“Karena ada ceritanya jamaah sekalian, pertama saya berjuang di indonesia memang di Lombok, anak saya lahir di Lombok, salah satu kakek saya meninggal mati syahid karena lawan penjajahan jepang di Lombok, bahkan salah satu kakek ayah dari ibu saya sendiri termasuk dia juga kelahiran di Indonesia, di Bumi Ayu dan juga adiknya kelahiran Lombok,” ujarnya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close