Trending

Cair di Agustus, tapi gaji ke-13 hanya untuk ASN dengan kriteria ini

Penantian aparatur sipil negara (ASN) atas gaji ke-13 berakhir sudah. Pasalnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani memastikan pembayaran gaji ke-13 akan cair pada bulan Agustus nanti.

“Pembayaran gaji ke-13 akan direncanakan dilakukan pada bulan Agustus 2020 dan untuk pelaksanaan ini kita akan segera mengeluarkan revisi dari regulasi yang ada,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual pada Selasa, 21 Juli 2020.

Baca juga: Terekam CCTV, makhluk misterius pengisap darah di Tapanuli terkuak

Gaji ke-13, kata Sri Mulyani, akan diberikan kepada PNS, TNI, Polri dan pensiunan. Namun, seperti tunjangan hari raya atau THR, tahun ini gaji ke-13 tidak berlaku bagi para pejabat negara eselon 1 dan 2 maupun setingkatnya.

“Gaji dan pensiun hanya diberikan kepada seluruh ASN, TNI dan Polri yang berada di bawahnya dan tidak termasuk dalam kategori dari pejabat negara eselon 1, 2 dan setingkatnya,” jelasnya.

Polri dan TNI ketika Peringatan HUT Bhayangkara ke-73. Foto: Antara
Polri dan TNI ketika Peringatan HUT Bhayangkara ke-73. Foto: Antara

Dengan demikian, ASN, TNI dan Polri lainnya yang tidak masuk ke dalam kategori tersebut, atau setara eselon 3 ke bawah, masih dapat menerima pembayaran.

Hal tersebut dilakukan demi menghemat anggaran pemerintah di tengah penanganan COVID-19.

Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa pelaksanaan kebijakan pemberian gaji 13 tahun ini akan dilakukan melalui perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2019 dan PP Nomor 38 tahun 2019.

“Dan untuk pelaksanaan ini kita akan segera mengeluarkan revisi dari regulasi-regulasi yang ada,” ujar mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Menkeu Sri Mulyani. Foto: Antara.
Menkeu Sri Mulyani. Foto: Antara.

Anggaran yang disiapkan oleh pemerintah untuk pembayaran gaji 13 ini sebesar Rp28,5 triliun, dengan rincian untuk ASN pusat sebesar Rp6,73 triliun, pensiunan Rp7,86 triliun dan ASN daerah sebesar Rp13,89 triliun.

Sebagai informasi, pembayaran gaji ke-13 pada tahun ini agak terlambat akibat pandemi yang terjadi. Pembayaran biasanya dilakukan pada pertengahan tahun, sekitar bulan Juni atau Juli.

Meski telah dianggarkan dalam APBN 2020, ASN sempat harap-harap cemas menanti pembayaran karena pemerintah tak kunjung memberi kepastian.

Kepastian pembayaran gaji ke-13 pun baru diumumkan Sri Mulyani pada Selasa, 21 Juli 2020 lalu pada konferensi pers yang disiarkan melalui akun YouTube resmi Kementerian Keuangan. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close