Hobi

Cara meningkatkan pandangan kaca saat mengemudi mobil musim hujan

Kondisi debit air hujan yang cukup besar, seringkali membuat daya pandang pengemudi mobil musim hujan minim akibat intensitas air tinggi.Sedangkan untuk tetap menjaga keselamatan, pengemudi tetap membutuhkan daya pandang luas saat musim hujan tiba.

Untuk meningkatkan daya pandangan kaca lebih maksimal saat mengemudi mobil musim hujan, banyak cairan khusus yang ditawarkan agar air hujan yang jatuh ke kaca tidak menempel lama. Layaknya teori daun talas, cairan ini mampu menjatuhkan air lebih cepat sehingga tidak banyak air yang bertahan di kaca saat hujan turun.

Cairan yang biasa disebut sebagai antihujan atau rain repellent ini banyak ditawarkan di toko yang menjual kebutuhan perangkat mobil. Pemilik mobil bisa memilih berbagai merek yang ada di pasaran, dengan kegunaan dan fungsi yang sama.

Mengemudi saat hujan
Mengemudi saat hujan Foto: Doc Peugeot

Penggunaan cairan Rain repellent sendiri sangat mudah dan simple dasarnya. Pemilik mobil hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke permukaan kaca sebelum hujan turun. Karenanya penting menyediakan cairan ini di mobil.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal beberapa petunjuk pemakaian cairan tersebut menganjurkan pemilik mobil memastikan bagian kaca yang akan disemprot tidak menempel partikel debu halus atau dalam keadaan bersih.

Tujuannya tak lain agar cairan bekerja maksimal ketika wiper menyapu bagian air hujan di permukaan kaca dan kaca juga memiliki sudut pandang yang jauh lebih jelas dibanding kondisi sebelum menggunakan cairan.

Kondisi kaca mobil saat hujan
Kondisi kaca mobil saat hujan Foto: Doc Peugeot

Penggunaannya cukup simpel dan praktis. Tinggal semprot di permukaan kaca depan (windscreen) dan simpel. Hanya saja, pastikan permukaan kaca sudah bersih.

Efeknya, bisa terasa saat cairan ini diaplikasikan pada saat hujan mendera. Sehingga tepat penggunaannya, saat musim penghujan seperti sekarang yang melanda di sebagian kota di Indonesia.

“Rain repellent, tidak sekadar membersihkan namun juga memberikan efek guyuran hujan emoh menempel bak air di daun talas. Sebaiknya, permukaan kaca dalam kondisi bersih untuk optimal semprotan rain repellent,” ujar Samsudin, selaku National Technical Advisor dari Astra Peugeot.

Mengemudi saat musim hujan
Mengemudi saat musim hujan Foto: Doc Peugeot

Ada fakta unik saat kami menguji performa rain repellent ini.

Pastikan prosedur aplikasi rain repellent secara benar. Beberapa saat sebelum turun hujan, menjadi saat terbaik mengaplikasi rain repellent. Saat hujan optimalisasi penggunaan rain repellent saat hujan dan membantu visibilitas Anda berkendara.

Jangan cemas dan siapkan sesuatu untuk mengantisipasi dampak buruknya. Cairan ajaib, rain repellent mampu menekan dampak keterbatasan visibilitas Anda saat menyetir.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close