Hobi

Belajar dari Gen Halilintar, begini cara agar channel YouTube aman dari hacker

Berikut ini Hops.ID akan membagikan sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk membuat kanal YouTube aman dari hacker alias peretas. Apa saja? Simak artikel berikut ini.

Channel YouTube Gen Halilintar baru-baru ini diretas alias di-hack. Kabar ini pertama kali diumumkan oleh Atta Halilintar. Kanal YouTube Gen Halilintar itu diambil oleh akun Ethereum Live News.

Si peretas bahkan sempat membuat video live yang membahas soal mata uang kripto. Namun, dengan dukungan penggemar yang masif, Gen Halilintar kemudian melapor ke pihak Google dan YouTube, dan akhirnya kanal itu kini telah kembali.

Belajar dari kejadian peretasan yang dialami channel YouTube Gen Halilintar, lantas bagaimana sih cara agar kanal YouTube aman dari ancaman peretas alias hacker?

Terdapat setidaknya empat langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah YouTube kamu aman dari hacker alias peretas. Langkah-langkah tersebut bisa dibilang cukup sederhana. Apa saja? Simak ulasan di bawah ini, yang dirangkum dari kanal YouTube Creators, Sabtu, 17 April 2021.

Nyalakan Verifikasi 2 Langkah

Logo YouTube. Foto: Pixabay

Verifikasi 2 Langkah membantu mencegah peretas membobol akun kamu, meski mereka mendapat akses ke informasi login kamu. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membuka laman myaccount.google.com/security.

Kemudian, klik Verifikasi 2 Langkah, lalu ‘Mulai/Get Started’. Setelah memverifikasi info akun, kamu akan dapat menyetel perangkat untuk menerima notifikasi aman.

Untuk pengunaan di ponsel, pastikan kamu telah login ke akun Google kamu. Untuk mengirimkan notifikasi aman ke ponsel kamu, klik ‘Coba Sekarang/Try It Now’. Setelah mengetuk ‘Ya/Yes’ di perangkat, kamu akan diminta untuk menyetel opsi SMS atau panggilan telepon cadangan.

Setelah mengonfirmasi opsi cadangan ini, klik ‘Aktifkan/Turn On’ untuk mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah.

Periksa izin channel-level

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah kamu harus secara berkala memeriksa izin kanal kamu, dan hapus orang yang tidak dikenal. Hal ini penting untuk mengetahui siapa saja yang dapat mengakses channel kamu.

Bikin password yang kuat dan rumit

Ilustrasi pendapatan dari YouTube. Foto: Austin Distel di Unsplash

Memiliki password atau kata sandi yang kuat dan rumit dapat membantu mencegah peretas alias hacker menebak informasi login kamu.

Beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat kata sandi yang kuat dan rumit misalnya; Buat password dengan panjang lebih dari 8 karakter, atau menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Kamu juga bisa hindari menggunakan informasi pribadi dan kata-kata atau frasa yang umum seperti ‘123’ atau tanggal lahir kamu, dan juga yang tak kalah penting adalah, jangan bagikan password login kamu ke orang lain.

Waspada dengan scam

Hacker alias peretas, bisa menyamar sebagai seseorang yang kamu percayai, lalu mencoba mengambil informasi pribadi kamu. Penting diketahui, YouTube hanya menggunakan alamat surel @youtube.com atau @google.com. Jangan membalas, mengklik tautan alias link, atau membuka lampiran dari alamat email atau pesan yang mencurigakan.

Nah, itu dia tadi sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah supaya akun YouTube kamu aman dari hacker alias peretas. Terus berkarya dan tetap waspada ya, Hopers!

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close