Hobi

Wajib tahu! Begini cara agar WhatsApp tidak boros kuota internet

Berikut ini Hops.ID akan memberikan beberapa cara agar WhatsApp tidak boros kuota internet. Simak yuk, Hopers!

WhatsApp saat ini menjadi media komunikasi yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia dan banyak negara di dunia. Penggunaan yang mudah dalam berkirim pesan hingga foto maupun video membuat aplikasi tersebut menjadi pilihan banyak orang.

Namun terkadang, karena terlalu asyik berkirim dan berbalas pesan lewat WhatsApp, pengguna tak sadar bahwa mereka sudah menghabiskan banyak kuota internet. Apalagi, dengan banyaknya foto ataupun video yang dikirim dan diunduh di WhatsApp, tentu itu membuat kuota internet jadi boros.

Maka itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara untuk menghemat kuota internet saat bermain WhatsApp. Berikut ini Hops.ID akan memberikan beberapa cara agar WhatsApp tidak boros kuota internet.

Cara agar WhatsApp tidak boros kuota internet

Cara pertama yang bisa dilakukan agar WhatsApp tidak boros kuota data internet adalah dengan menonaktifkan fitur auto-download media lewat mobile data. Dengan menonaktifkan fitur ini, maka foto atau video yang dikirim ke perangkat Anda saat Anda online menggunakan mobile data, tidak akan terunduh otomatis. Foto dan video akan terunduh begitu perangkat tersambung ke WiFi.

Aplikasi WhatsApp. Foto: The Financial Express

Cara menonaktifkan fitur ini cukup mudah yaitu, masuk ke Settings > klik Data and Storage Usage > klik When Using Mobile Data untuk nonaktifkan > aktifkan When Connected on Wi-Fi dan centang semua media.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah memilih untuk mengunduh foto, audio, video, dan dokumen tertentu yang kita cek lewat ponsel. Hanya perlu menyentuhnya, maka file akan otomatis diunduh di WhatsApp.

Cara ketiga yang bisa dilakukan agar memakai WhatsApp tidak memakan banyak kuota internet adalah dengan mengurangi penggunaan data saat melakukan WhatsApp Call.

Cara untuk mengurangi penggunaan data saat melakukan panggilan WhatsApp cukup mudah, yaitu masuk ke Settings > klik Data and Storage Usage > klik Use Less Data for Calls.

Itu dia tadi beberapa cara mudah yang bisa dilakukan agar WhatsApp tidak memakan banyak kuota data internet. Selamat mencoba ya, Hopers!

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close