Unik

Panduan lengkap gunakan Google Classroom, ternyata gampang

Pemerintah belakangan meliburkan kegiatan di sekolah, akibat wabah corona. Namun proses pembelajaran tetap dilakukan dengan memanfaatkan teknologi (e-learning), salah satu cara adalah dengan penggunaan platform Google Classroom.

Setidaknya ada delapan cara yang direkomendasikan Kemendikbud, dan Google Classroom adalah salah satunya. Bagi yang belum tahu, Google Classroom adalah aplikasi seluler gratis yang disediakan Google untuk bisa membantu para siswa dan tenaga pendidik agar tetap dapat melakukan belajar secara interaktif walau dalam jarak jauh.

Baca Juga: Kalung salib di leher istri Ahok tuai pro-kontra

Agar bisa menggunakan aplikasi ini, para tenaga pendidik dan siswa harus memiliki akun Google. Usai masuk ke akun Google, baru bisa membuat kelas atau mengundang para anak didik untuk mengikuti belajar interaktif.

Lantas, seperti apa cara atau panduannya? Berikut Hops kutip dari Himamiladi, dan Indonesia Belajar, Jumat 20 Maret 2020:

Cara membuat kelas belajar

Pertama, buka alamat: https://classroom.google.com dan login dengan user dan password akun Google pribadi atau akun Google Suite For Education dari Institusi pendidikan atau lembaga atau sekolah.

Kedua, cara untuk penggunaan dari perangkat seluler, unduh dan pasang aplikasi Google Classroom, lalu masuk menggunakan akun Google.

Ketiga, setelah masuk, klik ikon (+) di pojok kanan atas, lalu pilih “create class”.

Keempat, setelah mencentang persetujuan, beri nama kelas (wajib), bagian, subyek/pelajaran hingga ruangan. Lalu tekan tombol “create”. Sekarang, kelas online sudah tersedia.

Undang siswa untuk belajar

Ada dua cara yang bisa dipilih, dalam tahap ini pada Google Classroom. Apa saja?

Pertama, yakni menggunakan kode kelas. Kode kelas terdapat di bawah judul atau nama kelas, berupa kombinasi angka dan huruf. Kode kelas ini kemudian kita berikan kepada peserta pembelajaran. Bisa lewat pesan WhatsApp atau dijadikan status atau postingan di media sosial.

Peserta yang menerima kode kelas lalu memasukkan kode tersebut pada dashboard Google Classroom sehingga tergabung dengan kelas. Cara ini efektif digunakan apabila pengajar tidak tahu alamat email peserta pembelajaran.

Kedua, mengirim undangan lewat email. Cara ini, yaitu agar peserta bisa tergabung di kelas adalah dengan mengirim undangan lewat email. Untuk itu, pengajar harus tahu alamat email masing-masing peserta pembelajaran.

Caranya, silakan klik halaman “People atau Anggota” di bagian atas dashboard. Setelah itu muncul jendela berisi dua opsi: Kita mengundang orang lain sebagai “Teachers atau Guru” atau sebagai “Students atau Siswa”.

Menggunakan ruang kelas

Sebelum tahu caranya, ketahui dulu, ruang kelas Google Classroom terdiri dari 4 bagian: Stream (Forum), Classwork (Tugas Kelas), People (Anggota), dan Grades (Nilai).

Forum atau Stream adalah halaman aktivitas yang menampilkan Pengumuman, Pertanyaan (diskusi), Materi (Bahan Pengajaran) dan Tugas yang diberikan guru. Di halaman ini, guru dan siswa bisa langsung saling berinteraksi.

Baca Juga: Obat flu buatan Jepang diklaim bisa pulihkan pasien corona

Sayangnya, karena ini terintegrasi dengan email, setiap interaksi (meskipun hanya komentar) mendapat notifikasi email. Jadi, semakin banyak yang komentar kita juga banyak menerima email pemberitahuan.

Classwork (Tugas Kelas) adalah halaman yang digunakan untuk membuat tugas atau membuat materi pengajaran. Sedangkan Grades atau Nilai adalah halaman untuk mengatur penilaian dari setiap tugas yang diberikan.

Cara buat tugas kelas

Langkah pertama, buka halaman Classworks atau Tugas Kelas, lalu klik “create atau buat”. Langkah kedua, yakni pilih jenis tugas atau materi.

Lalu ketiga, isi judul dan deskripsinya. Bila ada tambahan file, silakan klik “Tambahkan atau Add” atau buat sendiri tambahan file-nya. Keempat, di sisi kanan, pilih penerima tugas atau materi yang diberikan, nilai hingga batas waktu pengumpulan tugasnya.

Kelima, jika kita memilih materi, tidak ada kolom nilai dan batas waktu, hanya ada pilihan menu penerima materi dan topik. Keenam, setelah selesai, klik tombol “Posting atau Assign” di pojok kanan atas. Kita juga bisa menjadwalkan atau menyimpan tugas itu sebagai draft.

Cara gunakan sebagai siswa

Pertama, jika kita diundang lewat email, langsung saja klik “Gabung atau Join”. Setelah itu, kita akan diarahkan ke dashboard Google Classroom.

Kedua, kita juga bisa menggunakan kode kelas yang diberikan guru. Caranya, buka alamat : https://classroom.google.com dan login dengan user dan password akun Google pribadi.

Ketiga, klik ikon (+) di pojok kanan atas, lalu pilih “Gabung Kelas atau Join Class”, lalu masukkan kode kelasnya.

Cara selesaikan tugas kelas

Pertama, apabila guru memberi materi atau tugas, ini akan muncul di halaman forum. Silakan klik tautannya, kita akan diarahkan ke halaman Tugas Kelas atau Classwork.

Setiap tambahan file akan diintegrasikan dengan Google Docs atau Google Spreadsheet sehingga kita bisa mengeditnya secara langsung.

Kedua, jika tugasnya sudah selesai kita kerjakan, kita bisa menyerahkan dengan mengklik tombol “Serahkan atau Assign”. Selamat mencoba.

Topik

2 Komentar

  1. Klas yg saya buat tidak ada forum, tugas, dan yg disebutkan di atas. Bagaimana caranya agar ada forum tugas dll di kelas yg sdh sya buat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close