Fit

Ketahui, begini cara hubungan intim agar tak hamil

Hops.id – Bagi sebagian pasangan yang ingin mencegah kehamilan, biasanya ada teknik khusus saat melakukan hubungan intim. Teknik ini disebut senggama terputus atau bahasa ilmiahnya coitus interuptus.

Ini merupakan teknik ejakulasi di luar dengan cara menarik penis keluar dari vagina saat hampir mencapai klimaks. Di mana, sang pria kemudian melakukan ejakulasi di luar vagina.

Ada jalan menuju surga di Google Maps

Teknik tarik-keluar kadang tetap dilakukan meski suami sudah memakai kondom atau istri sudah minum pil KB.

Walau begitu, banyak kasus yang terjadi jika melakukan teknik ejakulasi di luar bukan berarti tak bisa bikin perempuan hamil. Seperti apa penjelasannya?

Pasangan romantis. Foto: Pixabay

Menurut Seksolog Zoya Amirin hal itu memang benar, kendati pria melakukan ejakulasi di luar vagina, potensi membuat hamil perempuan tetap besar. Sebab, tak selamanya sperma keluar hanya saat ejakulasi terjadi.

“Laki-laki tahu dari mana kalau dia memastikan semua sperma keluar saat dia mencabut kelaminnya keluar. Sebab itu ada beberapa tetes yang ketinggalan di dalam,” kata Zoya dikutip dari channel berbagi video Youtube-nya, Rabu 29 Januari 2020.

“Kan kadang-kadang ada juga laki-laki yang tiba-tiba netes, tanpa disadari, ketemu telurnya, kelar,” kata dia lagi.

Maka itu, kata dia, cara paling aman untuk mencegah kehamilan adalah penggunaan kontrasepsi. Walaupun ada anggapan sebagian orang yang merasa menggunakan kondom membuat hubungan intim kurang nikmat.

“Kadang memang banyak yang merasa sudah aman, karena dia merasa sudah keluarin di luar. Padahal, penyebab kehamilan, ya yang ketinggalan di dalam itu,” kata Zoya lagi.

Foto: Drshery.com

Sementara itu sebuah studi yang dikutip dari International Planned Parenthood menemukan gumpalan kecil dari sperma dalam air mani pra-ejakulasi pada sejumlah partisipan pria. Meskipun hanya beberapa ratus sperma yang hadir, namun teorinya, akan tetap menimbulkan risiko kehamilan.

Walau kemungkinannya rendah, tetapi masih ada peluang untuk bisa hamil meski sudah melakukan ejakulasi di luar.

“Sebab hanya butuh satu sel sperma untuk membuat perempuan hamil,” tegas Zoya.

Itulah sebabnya ada orang melakukan ejakulasi di luar tapi ia tetap menggunakan kondom. Semata-mata ini efektif untuk melindungi perempuan dari air mani pra-ejakulasi.

Walau penggunaan kondom kadang dianggap mengurangi sensitifitas pada penis, kata Zoya, namun kondom dianggap melindungi pasangan dari kehamilan, dan juga membuat hubungan intim menjadi tahan lama. (Wren Jonah)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close