Hobi

Tidak harus selalu pakai aplikasi, begini cara login WhatsApp web

Login WhatsApp web di komputer / laptop merupakan pilihan lain dari menggunakan aplikasi WhatsApp di handphone.

Saat ini di era digital, ponsel menjadi gawai yang paling sering digunakan. Berkomunikasi melalui aplikasi pesan singkat pun menjadi kebiasaan hidup sehari-hari. WhatsApp adalah salah satu pesan singkat yang paling sering digunakan.

Bukan hanya fiturnya yang menyenangkan, WhatsApp  juga sangat fleksibel karena dapat diakses melalui berbagai perangkat. Baik komputer ataupun laptop, bisa menggunakan WhatsApp web. Berikut ini cara untuk login-nya:

WhatsApp Web. Foto: Detik
WhatsApp Web. Foto: Detik
  • Buka browser yang terpasang di laptop atau komputer.
  • Selanjutnya, masuk ke laman web.WhatsApp.com.
  • Setelah itu, tampilan layar menunjukkan gambar kode QR. Kamu dapat langsung memindainya, dengan cara buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
  • Lalu, klik titik tiga yang ada pada pojok kanan atas dan pilih WhatsApp Web. Pindai atau scan kode QR dan tunggu beberapa saat sampai tampilan WhatsApp di laptop atau komputer menunjukkan isi pesan masuk yang sama dengan dengan ponsel kamu.
  • Pastikan  kedua perangkat yang digunakan, yakni ponsel dan laptop atau komputer, terhubung ke jaringan internet yang stabil. Apabila salah satunya dalam keadaan offline, maka proses login berujung gagal.

Cara login WhatsApp web di handphone

Selain memakai laptop atau komputer, WhatsApp web juga dapat diakses menggunakan ponsel atau handphone. Cara login WhatsApp web di handphone tidak berbeda jauh dengan di computer / laptop. Berikut caranya:

WhatsApp Web Login. Foto: Berita Satu
WhatsApp Web Login. Foto: Berita Satu
  • Buka browser yang ada di ponsel, sangat disarankan untuk menggunakan Google Chrome karena lebih cepat dan ringan.
  • Klik titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas, scroll kebawah sampai menemukan “Dekstop Site” atau “Situs Dekstop” kemudian klik atau tandai kotak yang ada disamping bagian tersebut.
  • Setelah tampilan Google Chrome berubah seperti di laptop atau komputer, kamu dapat langsung masuk ke situs web.WhatsApp.com.
  • Lalu ambil ponsel lain yang terdapat aplikasi WhatsApp dengan akun yang hendak diakses pada WhatsApp web.
  • Scan QR code atau kode QR menggunakan ponsel yang telah diatur untuk WhatsApp web sebelumnya. Tunggu beberapa saat sampai proses login selesai.

Cara logout WhatsApp web

Kamu bisa logout dari WhatsApp web setelah tidak dibutuhkan lagi lho. Berikut caranya Hops:

WhatsApp Web. Foto: Forbes
WhatsApp Web. Foto: Forbes
  • Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp yang terpasang pada handphone.
  • Pada bagian kanan ada titik tiga, kemudian klik simbol tersebut.
  • Lanjutkan dengan klik “Log Out from All Device”. Kemudian, secara otomatis akun WhatsApp pada perangkat lain akan keluar dengan sendirinya.

Kelemahan WhatsApp web

Kelemahannya yaitu harus terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan lancar. Jika tidak, maka seluruh pesan tidak bisa masuk. Bukan hanya perangkat yang berisi WhatsApp web saja, handphone yang terdapat akun aplikasi WhatsApp juga harus terhubung ke internet.

Akun WhatsApp yang selalu terhubung ke WhatsApp web juga bisa membuat ponsel yang digunakan cepat panas dan boros baterai. Lalu kelemahan selanjutnya, Whatsapp web tidak bisa melakukan backup atau cadangan data yang ada di akun WhatsApp tersebut.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close