Fit

Cara mudah jaga stamina saat pandemi, lakukan 3 hal ini

Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi membuat banyak orang menjadi lebih resah dan khawatir tentang keadaan sekitar. Oleh karenanya, penting untuk menjaga stamina agar imun tidak drop dan mudah sakit di masa pandemi seperti sekarang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat dan bugar, meski harus membatasi ruang gerak di rumah saja.

Hops telah merangkum 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga stamina saat pandemi. Yuk, simak informasi selengkapnya!

Muslima Fest

Olahraga

Ilustrasi olahrga. Foto: Unsplash
Ilustrasi olahrga. Foto: Unsplash/fitsum-admasu

Badan Kesehatan Dunia, WHO merekomendasikan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit atau 75 menit intensitas tinggi per minggu. Nah, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap aktif dan berolahraga di rumah. Misalnya, kamu bisa melakukan pekerjaan rumah, bermain dengan anak, hingga berkebun di halaman.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti kelas workout yang berlangsung secara daring. Ada banyak tutorial workout di platform tak berbayar seperti YouTube. Perlu menjadi catatan, penting untuk berdiri setiap 30 menit sekali kala kamu melakukan pekerjaan. Lakukan pula meditasi dan relaksasi untuk membuatmu tetap merasa tenang.

Menjaga pola tidur dan makan

Menjaga pola makan dan tidur juga tak kalah penting untuk membangun stamina. Perbanyak konsumsi makanan bernutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, dan gandum. Hindari mengkonsumsi bahan makanan yang dapat meningkatkan rasa cemas, seperti gula, kafein, dan alkohol. Boleh mengonsumsi snack sebagai penawar stres, tapi jangan sampai berlebihan ya!

Sangat dianjurkan untuk mengganti snack dengan buah atau sayuran yang segar, dibanding dengan makanan yang tinggi gula, garam, atau lemak. Jangan lupa untuk tidak memasak sayuran hingga terlalu matang, ya! Pasalnya, berbagai vitamin yang terkandung di dalam sayur bisa hilang. Satu lagi nih, bijaklah dalam memilih makanan dan minuman kaleng.

Nah, kamu juga bisa menjaga rutinitas dan jadwal makan untuk mengurangi rasa cemas selama pandemi. Cobalah untuk makan secara teratur di waktu yang telah kamu tentukan. Selain itu, makan bersama anggota keluarga kamu yang lain juga bisa mengurangi perasaan terisolasi dan kesepian.

Ilustrasi tidur. Foto: Unsplash
Ilustrasi tidur. Foto: Unsplash/tania-mousinho

Tidur juga salah satu proses biologis yang tak kalah penting untuk menjaga kondisi mental, fisik, emosional, dan stamina selama pandemi. Bayangkan saja, tidur bisa meningkatkan efektivitas sistem imun, fungsi otak, memperbaiki mood, hingga menjaga kondisi mental sekaligus. Itulah mengapa tidur tak bisa dianggap sebagai hal yang sepele.

Tak heran jika tidur dengan kualitas yang baik juga dianjurkan oleh para ahli. Lantas, bagaimana yasih cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik?

Pertama, cobalah untuk menyisipkan waktu jeda sebelum tidur. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan untuk membuatmu rileks, seperti membaca santai, stretching, meditasi, ataupun memakai piyama dan menggosok gigi. Penting untuk meluangkan ekstra waktu sebelum tidur untuk mengurangi stres kala pandemi.

Karena seharian berada di rumah, penting pula untuk melakukan rutinitas yang menjadi ‘pengingat waktu’ bagi tubuh. Misalnya, tetap mandi dan berpakaian rapi meski tidak ke luar rumah, makan secara teratur di jam yang sama, hingga meluangkan waktu untuk berolahraga.

Mengkonsumsi Yogurt

Sebagai salah satu makanan superfood yang punya banyak manfaat bagi tubuh, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi yogurt secara rutin. Pilihlah yogurt yang rendah gula agar kamu bisa tetap menerapkan pola makan sehat dan menjaga asupan nutrisi.

Bakteri baik dalam yogurt dapat meningkatkan sistem gastrointestinal, sehingga pencernaan kamu akan lebih lancar. Sebuah studi yang dilakukan pada 2018 menunjukkan bahwa bakteri mikrobiota yang berinteraksi dengan sel-sel epitel pelapis usus dan sel sistem kekebalan dapat membantu menyeimbangkan respons kekebalan serta melindungi usus dari peradangan yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu, kalsium yang terdapat pada yogurt juga dapat memperkuat tulang bahkan digunakan untuk pengobatan osteoporosis. Hasil penelitian yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa yogurt efektif untuk meningkatkan kepadatan tulang pinggul dan penurunan risiko osteoporosis secara signifikan pada wanita dan pria.

Strawberry Banana Yogurt foto: Delicyo
Strawberry Banana Yogurt foto: Delicyo

Untuk menikmati segala kebaikan yogurt, kini terdapat Delicyo Yogurt, yogurt dengan bulir pertama di Indonesia yang nikmat dan menyehatkan.

Yogurt dengan brand ambassador Sheryl Sheinafia ini memiliki vitamin B yang tinggi dan sederet kandungan bermanfaat lainnya, seperti yang dapat ditemukan di dalam nutrition fact produk.

Delicyo Yogurt memiliki beragam varian rasa seperti, Strawberry Banana (with Nata De Coco), Pomegranate (with Basil Seeds), Blueberry (with Basil Seeds), Delicyo Spoonable Yogurt Aloe Vera, dan Delicyo Spoonable Yogurt Blueberry. Delicyo Yogurt adalah pelopor yogurt dengan bulir pertama di Indonesia dan memiliki rasa yang tidak terlalu asam.

Tentunya, Delicyo Yogurt sangat cocok dijadikan pilihan makanan untuk membantu meredakan asam lambung. Untuk bisa #NikmatiSensasinya Delicyo Yogurt, Anda bisa mendapatkan Delicyo Yogurt Drink dan Delicyo Spoonable Yogurt di e-commerce, minimarket, dan supermarket. Yuk, nikmati semua kebaikan yogurt di Delicyo.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close