Trending

Cari pilihan aman, Riza Patria bocorin nasib jalan Ataturk di Jakarta

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan nasib dari nama jalan Ataturk yang rencananya bakal diberikan di salah satu jalan yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Sebagaimana diketahui, rencana pemberian nama jalan di DKI Jakarta dengan tokoh Turki Mustafa Kemal Ataturk sempat menuai kritikan pedas dari berbagai pihak lantaran dianggap sebagai sosok kontroversial terhadap agama Islam.

Muslima Fest
Mustafa Kemal Ataturk. Foto: Ist
Mustafa Kemal Ataturk. Foto: Ist | Cari pilihan aman, Riza Patria bocorin nasib jalan Ataturk di Jakarta

Oleh sebab itu Riza Patria berharap agar pemerintah Turki memberikan sejumlah nama alternatif yang bisa dijadikan nama jalan.

Dia mengusulkan nantinya agar pemerintah Turki memberikan pilihan nama jalan berdasarkan nama kota, bukan tokoh.

“Sudah kami dengar, insyaallah akan diusulkan beberapa nama dan mudah-mudahan nanti Pemerintah Turki akan menyampaikan alternatif pilihan-pilihan,” ujar Riza di Balai Kota Jakarta, pada Kamis, 21 Oktober 2021, malam.

“Tentu harapan kami bukan nama orang, tapi nama kota, apakah Istanbul, apakah Ankara dan lain-lain,” lanjutnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria. Foto: Antara

Pihaknya juga mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah berkirim surat ke Duta Besar Indonesia untuk Turki.

Adapun dalam surat, kata Riza Patria, Pemprov menghargai usulan pemerintah Turki, namun diharapkan ada nama alternatif lainnya.

“Kalau dirasa nama jalan diusulkan tersebut menimbulkan kontroversi. Jadi kita akan lakukan segera dengar pendapat, diskusi forum FGD” kata Riza.

Dia pun kembali mengungkapkan harapannya agar nama jalan tersebut diberi nama kota. Sebagai contoh penggunaan nama kota Casablanca sebagai bukti hubungan diplomatis dengan pemerintah Maroko.

“Kami berharap seperti nama yang kami berikan di Casablanca, dulu dengan pemerintah Maroko, jadi bukan nama tokoh tapi nama kota,” ujarnya menambahkan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close