Trending

Klik cekbansos.kemensos.go.id lihat namamu dapat PKH September 2021

Bantuan dari pemerintah kepada masyarakat masih terus berjalan. Untuk bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), masyarakat bisa akses cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui daftar penerima bantuan di bulan September 2021.

Pemerintah sendiri telah mencairkan bansos bulan September 2021 ini dan seluruh penerima bantuan telah terdaftar di situs resmi Kementerian Sosial. Masyarakat yang masuk dalam daftar bisa langsung menerima dan mencairkan bantuan dari pemerintah.

Target sasaran dari bantuan PKH sendiri untuk membantu masyrakat khususnya ibu hamil hingga anak sekolah, dengan jenis bantuan PKH berupa uang tunai dan sembako.

Ilustrasi bansos. Foto: Ist
Ilustrasi cekbansos Kemensos. Foto: Ist

Khusus untuk bantuan uang tunia untuk keluaga yang memiliki ibu hamil atau balita berhak menerima bantuan sosial PKH sebesar Rp3 juta per tahun.

Sementara keluarga yang memiliki anak SD akan menerima bantuan sosial PKH Rp 900.000 per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun. Kemudian jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas atau lansia, maka bantuan sosial PKH yang berhak diterima adalah Rp 2,4 juta.

Sedangkan apabila keluarga memiliki 2 orang anak SD, maka bantuan sosial PKH yang diberikan menjadi dobel yakni Rp 900.000 ditambah Rp 900.000 per tahun. Itu artinya, keluarga tersebut akan mendapat dana tunai Rp 1,8 juta per tahun.

Aplikasi Google Play Store. Foto: CPO Magazine
Google Play Store. Foto: CPO Magazine

Cara mendapatkan bansos Kemensos

Program pemerintah ini diberikan kepada masyarakat umum, untuk bisa mendapatkan bantuan PKH, masyarakat bisa melakukan pengajuan melalui aplikasi online.

Langkah yang harus dilakukan yakni download Aplikasi Cek Bansos melalui PlayStore. Untuk mencari gunakan kata kunci Aplikasi Cek Bansos dan harus dipastikan aplikasi berasal dari Kementerian Sosial, karena banyak aplikasi serupa.

Lakukan registrasi terlebih dahulu karena menu “Usul” dan “Sanggah” hanya bisa diakses dengan menggunakan user ID yang telah diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kementerian Sosial.

Data pribadi harus diisi, karenanya siapkan nomor Kartu Keluarga, NIK dan KTP untuk melakukan registrasi. Setelah berhasil registrasi, Anda dapat mengkses menu pada Aplikasi Cek Bansos.

Pilih menu

Pilih menu “Daftar Usulan”, lalu tambah usulan. Menu tersebut akan berisi daftar usulan yang telah ditambahkan oleh pemilik akun. Pemilik akun bisa mendaftarkan dirinya, keluarga, orang lain, atau fakir miskin lain secara langsung pada tombol tambah usulan.

Jika mengusulkan keluarga sendiri, maka statusnya harus dalam satu KK. Perlu diperhatikan, field atau kolom yang diisi untuk menu usulan seluruh data wajib sesuai dengan data kependudukan karena sama seperti menu register akan langsung dipadankan dengan data Dukcapil.

Masyarakat menerima bantuan sosial Covid-19
Cekbansos Kemensos Foto: antara

Menu “pilih jenis bansos” hanya akan muncul apabila NIK yang diinput ada di dalam data DTKS. Data yang berhasil diusulkan akan memuat nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul Kartu Keluarga (KK).

Cekbansos Kemensos

Untuk cek penerima PKH di cekbansos.kemensos.go.id, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Login ke laman cekbansos.kemensos.go.id

Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan di kolom yang disediakan

Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai data di KTP

Ketikkan 8 huruf kode captcha yang tertera

Jika kode kurang jelas, klik icon “refresh” untuk mendapatkan kode baru

Klik opsi “CARI DATA”

Data hasil pencarian akan ditampilkan pada laman cekbansos.kemensos.go.id

Penyaluran PKH dilakukan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni

Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mandiri, dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close