Fit

Cerita Putri Diana alami depresi dan bulimia karena ‘dihina’ Pangeran Charles

Kisah Putri Diana yang mengidap bulimia bukanlah rahasia umum. Diana dikabarkan berjuang bertahun-tahun untuk sembuh dari penyakitnya itu.

Tak disangka, bahwa pemicu bulimia yang dialami Diana ternyata adalah karena mantan suaminya sendiri yaitu Pangeran Charles.

Baca juga: 23 Tahun kematian Putri Diana: Air mata yang mampu mendobrak monarki

Dalam buku Diana: Her True Story – in Her Own Words, penulis biografi Kerajaan Inggris, Andrew Morton mengungkap sejak kapan Diana mengidap bulimia. Ternyata bermula dari komentar Charles tentang tubuhnya.

People melaporkan, Princess of Wales bicara lewat kaset yang kemudian diberikan temannya, dr.James Colthurst kepada Morton. Dalam rekaman itu Diana mengaku mulai terserang bulimia sejak seminggu setelah bertunangan dengan Charles, pada Februari 1981.

Diana Charles
Diana Charles Photo: Istimewa.

Ketika itu, putri yang juga bergelar Lady Diana itu baru berusia 19 tahun.

“Suamiku meletakkan tangannya di pinggangku dan berkata, ‘Oh, agak gemuk di sini, bukan?’ Dan itu memicu sesuatu dalam diriku,” cerita Diana.

Ya, sindiran singkat yang sangat membekas dalam diri Diana. Hal itu awal mula dirinya harus berjuang selama hampir sepuluh tahun untuk terbebas dari bulimia.

“Aku tidak menyukai diriku sendiri, aku malu tidak bisa mengatasi tekanan. Saya menderita bulimia selama bertahun-tahun dan itu seperti penyakit rahasia. Ini adalah pola berulang yang sangat merusak,” curhat Diana.

“Aku putus asa. Aku ingat pertama kali saat membuat diriku sakit. Aku sangat senang karena berpikir ini melepaskan ketegangan.”

Sementara itu, Colthurst, yang mengenal Diana sejak sang putri berusia 17 tahun, mengatakan, gangguan makan yang dialami Diana memiliki efek mengkhawatirkan. Sang dokter bilang, Diana kehilangan banyak berat badan.

“Anda bisa melihatnya memudar secara fisik. Jelas bagi semua orang yang mengenalnya melihat bulimia sebagai reaksi terhadap keadaan di mana dia berada,” tutur Clothurst, dikutip dari Daily Mail.

Diana juga bercerita bagaimana berat badannya menyusut begitu cepat, terhitung lima bulan dari pertunangan menuju pernikahan. Terlihat jelas penurunan berat badan diana sejak hari pertama mencoba gaun pernikahan, hingga jelang The Royal Wedding pada 29 Juli 1981.

“Pertama kali diukur untuk gaun pernikahan, ukuran pinggang saya 29 inci. Pada hari pernikahan, ukuran pinggang saya hanya 23 inci. Saya menyusut dari Februari hingga Juli,” ungkapnya.

Ya, selain komentar Charles, kehadiran kekasih lama sang pangeran, Camilla Parker Bowles juga memperparah kondisi Diana. Seperti Bunda tahu, Charles kembali menjalin hubungan dengan Camilla meski sudah menikah dengan Diana.

Putri Diana
Putri Diana Foto: Hallo!

Baca juga: 14 Pelanggaran berat Putri Diana yang mampu mendobrak monarki Inggris

Bahaya bulimia yang diderita Diana mengancam fisik dan mental

Bahaya bulimia tak main-main, bisa amengncam fisik dan mental. Dilansir dari Mayo Clinic, bulimia nervosa, atau dikenal dengan bulimia adalah gangguan makan yang berpotensi mengancam jiwa.

Ciri dari penyakit ini adalah makan dalam jumlah besar lalu dikeluarkan lagi. Disebutkan, beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengidap bulimia adalah faktor genetik, biologi, kesehatan emosi, dan lingkungan sosial.

Penyakit bulimia juga ditandai dengan dua perilaku paling menonjol, yaitu kebiasaan makan secara berlebihan dan memuntahkan kembali makanannya.

Penderita bulimia jelas kekurangan asupan makanan karena apa yang dimakan akan langsung dikeluarkan lagi lewat muntah. Namun ternyata, efek bulimia tidak hanya sekadar itu. Hampir seluruh sistem organ dalam tubuh penderita ikut terkena dampaknya.

Selain sebagai gangguan makan bulimia juga bisa menggangu saraf pusat rentan mengalami depresi, kecemasan berlebihan, atau perilaku obsesif-kompulsif akibat perilaku makan yang buruk.

Di sisi lain para penderita bulimia juga akan mengalami gangguan pencernaan yang memicu kelelahan, kelemahan pada gerak pencernaan, sistem reproduksi dan sistem peredaran darah yang terganggu.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close