Unik

Jangan dianggap sepele, cuci pakaian saat pandemi perlu diperhatikan

Cuci pakaian saat pandemi COVID-19.

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Di masa pandemi, tentu saja kita harus menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari virus.

Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk mencuci pakaian dengan air hangat dan memakai detergen. Untuk pakaian tertentu yang merasa tidak yakin dengan kebersihannya, dapat dimulai dengan cairan pemutih sebelum dicuci.

Dilansir dari Bustle, Mary Johnson, ilmuwan di Tide and Downy meengatakan bahwa pakaian sehari-hari dapat dicuci dengan air dingin dan diberikan dosis deterjen yang sesuai.

Ilustrasi Cuci Pakaian Saat Pandemi. Foto: Republika
Ilustrasi Cuci Pakaian Saat Pandemi. Foto: Republika

Pakaian dalam, pakaian luar, pakaian olahraga, handuk, dan seprai mungkin perlu diperlakukan ekstra, yakni dengan dicuci menggunakan air hangat (sekitar 60 derajat Celcius atau lebih tinggi) dengan dosis deterjen yang sesuai.

Selain itu, Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) memberi tahu bagaimana panduan mencuci pakaian di tengah pandemi ini, yaitu:

  • Jika pakaian tersebut dari orang yang sakit, maka harus memakai sarung tangan sekali pakai. Diperbolehkan menggunakan sarung tangan yang dapat digunakan kembali, tetapi sarung tangan tersebut itu harus di dedikasikan untuk membersihkan dan mendisinfeksikan permukaan COVID-19.
  • Tidak melemparkan pakaian kotor. Hal ini akan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus melalui udara.
  • Cuci pakaian sesuai dengan intruksi pada label pakaian. Gunakan pengaturan air yang paling hangat untuk pakain tersebut.
Ilustrasi Cuci Pakaian. Foto: Hipwee
Ilustrasi Cuci Pakaian. Foto: Hipwee

Jika kamu ingin mencuci pakaian dengan tangan, pastikan menggunakan air hangat setidaknya 27 derajat celcius dengan jumlah detergen yang sesuai. Rendam pakaian selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan bersih.

Mencuci pakaian dengan tangan juga perlu mengikuti prosedur label perawatan untuk pengeringan. Tetapi jika diperbolehkan, keringkan sepenuhnya dengan pengering mesin cuci.

Jika pakaian tidak boleh dikeringkan dengan mesin, gantung atau jemur mendatar agar pakaian diangin-anginkan dan bisa benar-benar kering. Pastikan tetap mencuci tangan sesuai pedoman CDC, setidaknya 20 detik dengan sabun dan air setelah menangani cucian kotor.

Nah bagaimana, cukup mudah bukan? Selain memperhatikan cara mencuci pakaian, kita juga tetap harus patuhi protokol kesehatan dan segera lakukan vaksinasi jika belum.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close