Trending

Daftar Kartu Prakerja mudah, 4 langkah berhasil seperti ini

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, guna mampu bersaing dan mendapatkan pekerjaan sesuai keahlian yang dimiliki ataupun pengembangan. Ada cara mudah untuk daftar kartu prakerja bagi masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja maupun untuk meningkatkan kompetensi.

Keuntungan bagi masyarakat yang daftar Kartu Prakerja yakni, berhak mendapatkan BLT yang telah disiapkan pemerintah dengan besaran mencapai Rp3,55 juta. Dana bantuan tersebut bisa dicairkan pemilik Kartu Prakerja sebagai dana untuk mengembangkan kemampuan.

Dari total anggaran yang terdapat pada Kartu Prakerja sebesar Rp3,55 juta, terdapat rincian yang telah diberikan pemerintah diantaranya biaya sebesar Rp600 ribu yang digunakan untuk pelatihan setiap bulannya.

Pemegang Kartu Prakerja akan mendapatkan dana tersebut selama 4 bulan berturut-turut sehingga total dana yang bisa dimanfaatkan mencapai Rp2,4 juta. Biaya pelatihan selama 4 bulan tidak berdiri sendiri, karena pemerintah juga menganggarkan biaya lain.

Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto: Antara
Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto: Antara

4 langkah mudah daftar kartu prakerja

Untuk melakukan daftar kartu prakerja terdapat 4 cara mudah yang dilansir laman resmi Kartu Prakerja. Dengan mengikuti langkah ini, para pencari kerja bisa dengan mudah mendapatkan program yang diinginkan.

Langkah pertama

Daftarkan diri melalui laman kartuprakerja.go.id, sebelum melakukan pendaftaran pencari kerja baiknya memenuhi syarat yang terdapat bagi pemohon diantaranya WNI, minimal berusia 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Langkah kedua

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar, Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

ilustrasi Pekerja dan buruh dengan gaji di bawah Rp5 juta bakal dapat bantuan pemerintah. Foto: Antara.
Pekerja dan buruh dengan gaji di bawah Rp5 juta bakal dapat bantuan pemerintah. Foto: Antara.

Langkah ketiga

Pilih Pelatihan yang diinginkan, dalam memilih pelatihan yang diinginkan, pastikan pilihan sesuai dengan kemampuan agar pelatihan yang dipilih bisa diselesaikan secara baik prosesnya, dan sesuai dengan keinginan pencari kerja.

Langkah keempat

Lakukan pendaftaran secara cepat, agar pencari kerja bisa memanfaatkan programĀ  yang diberikan pemerintah secara baik. Dan bisa menambah kemampuan para pencari kerja agar cepat mendapat peluang di dunia kerja.

Pekerja di pabrik Cikarang
Pekerja di pabrik Cikarang. Foto Instagram @atut_aditiya

Peraturan daftar kartu prakerja

Dalam aturan tersebut juga jelas kriteria daftar non penerima Kartu Prakerja diantaranya pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, direksi, komisaris, dewan pengawas BUMN atau BUMD .

Seluruh profesi tersebut tidak diperkenankan mendaftar mendapatkan Kartu Prakerja, artinya seluruh masyarakat bisa mendapatkan kartu prakerja untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Kecuali masyarakat yang sudah menerima  bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Saat melakukan pendaftaran, calon pemegang Kartu Prakerja harus mengisi beberapa pertanyaan yang diajukan dalam form deklarasi diri. Form pertanyaan inilah yang menjadi satu-satunya syarat bagi pemohon Kartu Prakerja sebelum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Dalam pendaftaran juga ditegaskan jika tidak ada besaran gaji atau pendapatan yang dimiliki calon pendaftar Kartu Prakerja. Sehingga siapapun bisa mengajukan pendaftaran Kartu Prakerja.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close