Trending

Daftar ranking menteri hasil survei, siapa yang paling bontot?

Lembaga Arus Survei Indonesia atau ASI baru-baru ini merilis hasil survei mengenai kepuasan masyarakat terhadap kinerja para menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Hasilnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di posisi teratas. Sedang siapa yang nilainya paling bontot?

Dilansir dari laman resmi ASI, Senin 29 Juni 2020, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo merupakan nama dengan angka kepuasan terendah, yakni 23,3 persen. Ia berada di bawah Menteri Agama Fachrul Razi dengan 23,8 persen, lalu Menko Kemaritiman Luhut Binsar yang berada di angka 26,1 persen.

Baca juga: Gebrakan Ridwan Kamil yang bikin elektabilitasnya melambung jauh

“Temuan survei ini bisa menjadi catatan evaluasi bagi Presiden Jokowi untuk meninjau kembali para pembantunya,” ujar Direktur Eksekutif ASI, Ali Rifan.

Suasana pertemuan Presiden Jokowi bersama sejumlah Purnawirawan TNI-POLRI. Foto: Setkab.go.id
Suasana pertemuan Presiden Jokowi bersama sejumlah Purnawirawan TNI-POLRI. Foto: Setkab.go.id

Diketahui, survei tersebut digelar pada 9 hingga 12 Juni 2020 dengan melibatkan seribu responden dari 34 provinsi di Indonesia. ASI mengumpulkan data dengan cara telesurvei atau wawancara responden melalui sambungan telepon. Sementara margin of error-nya kurang lebih 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Satu hal yang menarik dari survei ASI tersebut, posisi menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi dan terendah sama-sama berasal dari Partai Gerindra. Kenyataan itu pun membuat Ali Rifan merasa heran lantaran jarang sekali terjadi.

“Kalau kita bicara paling bawah dan atas ini menarik, karena sama-sama Gerindra. Yang paling bagus Gerindra, ada Pak Prabowo. Lalu paling tidak bagus Gerindra, Pak Edhy Prabowo,” tukasnya.

Presiden Jokowi dari dalam mobilnya. Foto: Mobil123.
Presiden Jokowi dari dalam mobilnya. Foto: Mobil123.

Prabowo yang berada di posisi teratas berhasil mengumpulkan 43,7 persen nilai kepuasan publik. Di peringkat dua ada Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Marsudi dengan 38 persen. Kemudian di bawahnya Menko Polhukam Mahfud MD dengan catatan 37,9 persen.

Masyarakat ingin Jokowi rombak kabinet

Berdasarkan survei yang sama, ASI mengungkap, 75,6 persen responden setuju dengan reshuffle atau pergantian menteri pada Kabinet Indonesia Maju jilid II. Sebab, hasil kerja sebagian menteri saat ini, dirasa kurang memuaskan.

“Terkait wacana perombakan reshuffle kabinet, sebanyak 75,6 persen publik mengatakan setuju. Angka itu dibagi menjadi 20,5 persen sangat setuju dan 55,1 persen setuju. Sementara 16,9 persen mengatakan tidak setuju. Sisanya 7,5 persen mengaku tidak tahu atau tidak jawab,” kata Ali Rifan. (re2)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close