Trending

Siapa dalang demo rusuh Omnibus Law, BIN: Pasti diungkap bisa dibuktikan

Juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto menegaskan BIN serius ingin mengungkapkan siapa dalang demo rusuh Omnibus Law. Untuk mengungkap dalang demo anarkis itu, Wawan mengatakan BIN berdasarkan parameter yang bisa dibuktikan secara saintifik, tidak asal-asalan.

Dia meminta masyarakat percaya pada kerja BIN dan kepolisian mengungkap siapa dalang demo anarkis Omnibus Law beberapa hari lalu.

Baca juga: Ramai SBY danai demo UU Cipta Kerja, Demokrat: Mana bukti, dasar pengecut!

“Kami akan mendorong serius. Ini publik kita tak main-main, kami tidak retorika tapi secara faktual dari hasil pengembangan lapangan. Dari situ kemudian muncul aktor baru,” ujar Wawan dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin 12 Oktober 2020.

Tak asal-asalan bongkar dalang demo rusuh Omnibus Law

Poster tolak Omnibus Law
Poster tolak Omnibus Law. Foto Antara Foto

Wawan mengatakan BIN tidak asal lempar tudingan atau ngomong soal dalang dan sponsor demo anarkis Omnibus Law. Menurutnya jika BIN asal-asalan bakal ditertawakan publik.

“Kita tak ingin asal-asalan, masyarakat sudah cerdas kok. Masyarakat di lapangan juga tahu (ada yang demo anarkis)” tuturnya.

Baca juga: SBY dituduh biayai demo UU Ciptaker, PDIP: Jangan-jangan hanya…

Dengan temuan bukti di lapangan, Wawan tegas mengatakan BIN melihat aktor dan demonstran anarkis Omnibus Law itu faktual terjadi dan ini bukan rekaan.

“Ini bukan rekayasa, ini tidak rekayasa. Ini bukan zamannya (rekayasa). Ini santifik bisa dibuktikan, mari bareng-bareng untuk tidak saling tuduh tapi berbasis faktual,” tutur Wawan.

Pelacakan BIN

Demo rusuh di Jakarta. Foto: Antara/Sigid.
Demo rusuh di Jakarta. Foto: Antara/Sigid.

BIN mengaku sudah melacak komunikasi demonstran anarkis Omnibus Law, dan temuan sementara ini memang ada pola instruksi untuk bertindak kekerasan dan pengrusakan.

“Pasti kita ungkap, komunikasi mereka (demonstran anarkis) dengan pihak luar itu banyak sekali, kita trace kita lakukan,” kata dia.

Sebelumnya BIN tegas sudah mengantongi informasi siapa sponsot demo rusuh Omnibus Law.

“Kalau itu sudah (dalang). Hanya sekarang kan persoalannya harus tahu landasan hukumnya. Kalau misalnya dibawa ke persidangan kan itu harus ada suatu korelasi dari bukti-bukti yang ada. Sehingga kalau misalnya itu lepas nanti tuntutan hukumnya kan jadi lemah. Tapi kalau misalnya nanti tahu-tahu keterangan saksinya juga banyak, keterangan ahli cukup, keterangan lainnya pendukung juga memadai maka ini bisa dibawa ke persidangan,” kata Wawan, dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Sabtu 10 Oktober 2020.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close