Trending

Airlangga, Luhut dan BIN tuding ada dalang demo, SBY: Saya nggak musuh negara

Demo rusuh Omnibus Law pekan lalu berujung liar. Dua menteri di pemerintahan Jokowi menuding ada yang mendalangi demo Omnibus Law. Demo berujung rusuh itu ditunggangi oleh pihak tertentu. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Pandjaitan menuding ada yang dibelakang demo tersebut. Soal tudingan dalang demo, SBY merasa tertuduh?

Selain Airlangga dan Luhut, Badan Intelijen Negara (BIN) juga sudah menuding ada dalang demo rusuh Omnibus Law. Belakangan di linimasa ada narasi dalang demo Omnibus Law adalah Cikeas yang menujuk pada SBY serta Partai Demokrat. Meski sudah dibantah Partai Demokrat dalam keterangan resminya.

Baca juga: Difitnah dalangi demo, SBY: Apa nasib saya diginikan terus, saya ini orang tua

Dalang demo SBY tertuduh?

SBY mengaku tak merasa yang dituding pemerintah dan BIN adalah dirinya. Sebab dia merasa hubungannya dengan Airlangga, Luhut maupun BIN tak ada masalah.

“Saya kok nggak yakin, kok pak Airlangga Luhut BIN yang dimaksud itu saya. Hubungan saya dengan pak Airlangga, pak Luhut, BIN juga baik enggak ada masalah,” jelasnya ditayangkan di Youtube Susilo Bambang Yudhoyono dikutip Senin 12 Oktober 2020.

Soal analisis BIN soal dalang demo Omnibus Law, SBY meyakini bukan dia yang dimaksud.

“Saya nggak yakin BIN itu anggap saya sebagai musuh negara. Saya kira nggak lah,” ujar SBY yakin betul.

Pemerintah wajib klarifikasi

Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono dalam sebuah acara PWI. Foto Twitter @SBYudhoyono

Daripada simpang siur siapa sih dalang demo rusuh Omnibus Law itu, SBY menyarankan publik atau pers untuk menanyakan langsung kepada Airlangga, Luhut atau BIN. Klarifikasi ke mereka karena mereka yang menyebutkan tudingan dalang demo tersebut.

“Lebih baik tanyakan ke beliau-beliau itu siapa aktor yang menggerakkan dan membiayai itu. Kalau nggak ada kejelasan ini nggak baik, rakyat saling curiga. Kemudian tidak baik kesana kemari beritanya,” tuturnya.

Baca juga: Pasca demonstrasi, mahasiswa dapat kunjungan petugas pakaian preman

SBY berpandangan, perlu segara ada klarifikasi dari pejabat yang berkomentar ada penunggang atau dalang demo Omnibus Law. Kalau tidak ada klarifikasi dari yang bersangkutan maka pandangan rakyat akan buruk ke pemerintah.

“Rakyat dianggap, ini kok main tuduh. Tapi yang paling bisa mengklarifikasi ya beliau-beliau. Kalau ditanya pers saya yakin beliau itu mau menjelaskan, begitulah etika yang dimiliki siapapun mendapatkan amanah memimpin negeri ini,” kata SBY.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close