Trending

Demokrat: Habib Rizieq ada di Arab, kenapa tak dirikan khilafah di sana?

Politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean merasa bingung dengan pihak-pihak yang hendak membangkitkan kembali khilafah di Indonesia. Sebab, paham serta sistem tersebut tidak sesuai dengan situasi negara di masa sekarang.

Melalui akun Twitter pribadinya, Ferdinand Hutahaean mengatakan, paham khilafah masih terus digaungkan Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI. Meski kelompok tersebut sudah dibubarkan pemerintah, namun dia meminta masyarakat berhati-hati terhadap ide serta gagasan yang mereka usung.

Baca juga: Tingginya kedudukan Habib Rizieq di mata PA 212: Dia imam besar dunia

“HTI sudah dibubarkan secara resmi oleh pemerintah berdasarkan Undang-undang. Mengapa dibubarkan? Karena HTI menyebarkan ajaran yang ingin mengganti Pancasila dan mengubah sistem negara,” tulisnya, dikutip Minggu 23 Agustus 2020.

“Maka yang namanya dibubarkan, jelas terlarang meski tak disebut secara harfiah. Baik itu ormas dan ajarannya,” tambah Ferdinand.

Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahean
Ferdinand Hutahean politikus Partai Demokrat Foto: Antara

Pria yang dikenal aktif di media sosial itu memastikan, paham khilafah yang dibawa HTI tak akan bisa tumbuh di Indonesia. Sebab, seperti yang telah dia singgung di awal, pemerintah sudah melarang seluruh kegiatan mereka. Sehingga, ruang gerak HTI di dalam negeri semakin kecil dan terbatas.

“Sudah jelas dibubarkan negara berdasarkan Undang-undang, artinya dilarang dan terlarang. Coba kalian dirikan kembali HTI, bisa tidak? Kalau bisa, berarti enggak terlarang. Tapi kalau enggak bisa, artinya terlarang,” terangnya.

Singgung Habib Rizieq dan kebingungan Ferdinand terhadap HTI

Ferdinand bingung, mengapa HTI hendak menyebarkan paham khilafah di Indonesia? Padahal, ideologi yang kita anut selama ini cenderung baik-baik saja, alias tanpa masalah. Alih-alih membawanya masuk ke Tanah Air, kata dia, bakal lebih tepat jika paham tersebut disebarkan ke Arab Saudi.

“Kenapa HTI ini enggak teriak dan coba dirikan khilafah di Arab Saudi saja? Kenapa harus di Indonesia yang jelas beragam agama dan budaya lokalnya?” ujar Ferdinand.

Sosok Habibe Rizieq Shihab. Foto: Antara
Sosok Habibe Rizieq Shihab. Foto: Antara

Lebih jauh, Ferdinand juga menyoroti keberadaan Ketua Umum FPI, Habib Rizieq Shihab yang saat ini berada di Arab Saudi. Menurut dia, sosok yang acap mengenakan sorban putih itu merupakan figur yang dekat dengan paham khilafah. Sehingga, Ferdinand menyarankan HTI dan kelompok sejenis untuk membawa ajaran tersebut ke sana.

“(Habib) Rizieq Shihab juga sudah ada di Arab, kenapa enggak dirikan saja khilafah di sana? Kenapa enggak demo di sana kalau ditolak? Kenapa enggak dirikan HTI di sana?” kata dia.

Topik

89 Komentar

      1. Keturunan Yemen akan dirikan Hizbut Tahrir dan khilafah dinegara Arab Saudi ….???
        Ya pasti kpala-nya dipenggal…

        1. Ini lagi manusia tolol budak abu janda. Sejak kapan Arab Saudi pake sistem demokrasi ?. Dari dulu Arab Saudi udah khilafah nyong monyong.. goblok kok banget si

          1. 😁
            Sy sarankan anda banyak membaca..
            Arab Saudi menolak ajaran khilafah yg dibawa HTI, begitu juga mesir dan Turki..

          2. Kurang baca berita….baca yg bener fattih….arab saudi itu kerajaan bukan khilafah…

          3. Anda juga lebih goblok ..udah jelas indonesia adalah beridelogi pancasila itu harga mati karena keberagaman , klo ada yg mau merubah itu inkonstitusional…sama juga dgn di arab klo mencoba merubab kerajaan itu makar bedanya di arab tidak seberagam indonesia mayoritas ampir 100 ℅ muslim Hukumnya syariat Islam ..sudah punya modal dasar untyk khilafah cuma tesikonya …MATI

          4. Cuma yg satu ini pengurus partai demokrad yg suka menyinggung ulama dan habaeb. Kurang kerjaan atau dia penyusup di pertai demokrat.

          5. LU YG MONYONG GUOBLOK!! KATA SIAPA ARAB SAUDI PAKE SYSTEM KHILAFAH?? BELAJAR YANG BENAR!! DASAR GOBLOK!! PANTAS ORANG2 KAYAK LU GAMPANG DIBOHONGIN SAMA PARA USTAZ2 MUALAF TENGIL YANG CUMA PENGIN CARI DUIT DENGAN JELEK2IN AGAMA LAIN. JADI APA INDONESIA KLO DI PIMPIN ORG2 SEPERTI ANDA2.

          6. Kalau goblok jangan main di medsos malu sama seluruh orang! Kapan Arab pakai sistem khilafah sampai saat ini tak satupun negara di timur tengah pakai sistem khilafah! Dasar bahlul ente

          7. Dasar elo yg bego nurut aja ama negara lain, elo punya budaya sendiri lo kafir2 in skrng negara yg kamu junjung aja gak mau khilafah lo juga gak tau dasar kebanyakan mkn iat onta ya spt lo itu, negara sendiri dikhianati malah suka jadi budak asing bego lo

          8. Asalamuaikum wr wbr…..saudar fattih…mungkin anda blm tau negara arap….bagai mana…silsilah…yg mayoritas muslim 95 % muslim ada negara” sahabat yg notobene non muslim…bnayk lho orang pilipin german dan masih banyak negara” sahabat yg mewakili negara masing” non muslim…apa anda ga ngaca di syuriah….yg sangat gencar mndirikan khilafah ancur kan….??? NKRI jauh ente sebelum lahir di bumi pertiwi ini udh ada perbedaan….

          9. Hadehhhh, sepertinya anda kebanyakan makan mecin deh fatih, jelas2 di arab sistimmya kerajaan, ngapa lo bilang dari dlu khilafah, dongo boleh tapi jangan kebangetan dongo

          10. Arab Saudi menggunakan sistem politik monarki absolut. sedangakan sistem pemerintahan yang digunakan negara Arab sama dengan negara islam lainnya, dimana menggunakan Al-Qur’an dan Syariat yang menjadi dasar jalannya pemerintahan. Sistem pemerintahan Arab Saudi adalah presidensial yang dimana dipimpin oleh seorang raja.
            Jadi buat “Fattih” teliti dahulu sebelum memberi komentar, jgn gampang “menggoblokkan” orang sementara anda sendiri lebih dari itu.

          11. Goblok jangan dipelihara. Sejak kapan Arab Saudi menganut sistem khilafah? Atau anda yg jadi budak junjungan FPI yg super pengecut?

          12. Hahaaha, saat ini ga ada negara khilafah, paling banter ketajaan islam. Khilafah terakhir itu turki, tp skrg udah nggak.

          13. Yang murni goblok tulen siapa ya Pattih? Memang apa sesungguhnya khilafah itu? Coba jelaskan biar kami tau siapa sebenarnya yang goblok.

        1. Ngomong pancasila harga mati knpa sekarang. Yg mau robah pancasila gak ditangkap. Itunarginya maling teriak maling.

      2. Yang gak malu itu
        Orang yang gak faham dibidangnya bicara di publik.
        #akhir zaman
        #qodarullah

    1. Kepalamu itu yg di gorok. Di Arab udah dari zaman nabi pke sistem khilafah bulan Demokrat.. tolol belajar dong

      1. Mau tanya ENDRO.! Coba lelaskan keunggulan sistem khilafah itu secara terbuka agar kami yang kamu anggap tolol itu mengerti.

    2. Si Ferdinand yg sok tahu tentang Islam tapi goblok, di Arab semenjak zaman nabi sampai sekarang memang menganut sistem khilafah.asal tahu aja khilafah memang dari Arab Saudi awalnya. Si Ferdinand ngomong kayak buzzer rendahan aja, kalo gak tahu tentang Islam lebih baik diem. Si Ferdinand ini selalu menyerang Islam kenapa ya…. Kemarin menyerang ustadz Zul sekarang habib Rizieq. PKi yg nyata nyata di larang. Dalam tap MPR gak di nyinyirin..

      1. Kalau Arab sdh menganut kilafah berarti ga perlu mendirikan khilafah lg di Indonesia… Kan khilafah itu satu untuk seluruh dunia… Indonesia tunduk az dg Arab… Jokowi az bersahabat dengan raja Salman… Jd ikutlah jg Jokowi.. dengerin kata khilafah…

      2. Stealth Night, Ustad itu juga manusia bukan malaikat. Ustadz itu haruslah mulia akhlaknya, tinngi rasa toleransinya, takut dan hormat sama TYME dan menghargai sesama dan tidak memaksakan kehendak. Manusia di dunia ini tidak satu golongan saja namu beragam.

    3. Orang jakarta klu ada yg ngomong pakai bhs arab khan gak pikirnya pasti akan dibawa ke Surga….karna gak pandai bhs nya.
      Klu orang arab khan tahu artinya klu ada orang ngomong bhs arab .

    4. Makanya aku rindu ketegasan dan keberanian mantan Presiden RI ke 2 Bapak Pembangunan RI yaitu BAPAK SOEHARTO dan juga sebagai Pahlawan Pejuang Kemerdekaan RI yg ikut angkat senjata melawan penjajah,beliau Bapak Soeharto akan BERTINDAK TEGAS BERANI siapapun yg coba coba menggoyang atau ingin mengganti Ideologi Negara RI PANCASILA dan UUD 1945 itu akan DILIBAS DIGEBUK DIGULUNG dan DIHANCURKANNYA ITU SUDAH TERBUKTI DI JAMAN BAPAK SOEHARTO tetapi setelah JAMAN REFORMASI sudah berapa kali berganti Presiden RI tidak ada seperti Bapak Soeharto yang berani dan tegas kpd orang orang yg mau menggoyang dan mengganti Ideologi Pancasila

      1. Ada benarnya Aganis karena Soeharta ada di zaman semi diktator. Jadi sangat berbeda. Tapi akhirnya Soeharto juga tumbang secara tidak terhormat karena banyak masalah tentang keberaniannya memberantas korupsi. Kenapa dia tidak berani memberantas korupsi, anda bisa mikir sendirilah.

    5. Browww. Emang khilafah tuh apa sih? Tau gak sistem khilafah gimana? Sotoy banget bilang saudi bukan khilafah wkwk. Kalo gatau nanya dulu deh, atau emang tujuannya mancing keributan doang ya? Rofl

    6. HTI .. itu kan ada di Indonesia, nah kalau disuruh membangun khilafah di tanah Arab, mereka gak berani bro … modal kurang. Kan HTI jago kate … wanine ning omahe 😀

    7. Kl bkn islam gk usah ngomong ferdinan, loe bahas HTI gk akan di angkat sama pak de,….. Loe saja cari panggung,biar dpt jatah dr pak de…… Loe belajar sama paham ttg islam, jgn belajar sama org liberal,PKI dll. Tanya kpd pak SBY, dia lebih paham

      1. Cuma orang Islam saja yg boleh ngomong??? Terus yg non muslim musti nurut aja kalau HTI mau jadikan Indonesia sebagai khilafah. Khilafah mulai berdiri, Indonesia BUBAR.

    8. Betul… Kalo memang hebat coba dirikan Khilafah di Arab Saudi.. Kalo bisa kita Akui Habib Rizieq Hebat lah.. Gue akui Sebagai Ulama Seduniaa… Ahhahaha😅😅😅tapi Buktinya selama ini di sana Melempem kayak Krupuk..!!! Berani nya cuma di Indonesia.. Dasar ayam sayur.. Wkwkwkkw🤣🤣🤣begitu dia baru masang Benderanya aja udah di Gruduk.. 😂😂😂

  1. Susah emg klo yg ngomong kaga ada ilmunya..
    Beda agama pula..
    Belajar dlu nand baru ngebacot

  2. Ya gimana kan d arab sana sudah sistem islam mau khlifah apa lg yg komen kurang ilmu…

  3. Wooyyy kalo gak ngerti apa itu KHILAFAH, gak usa ngebacot, lebih baik diam, sadar diri karna gak ngerti, gak ada istilah KHILAFAH itu mengganggu Ideologi pancasila, pancasila sendiri pun lahir, ada krn intisari dari ajaran KHILAFAH…….. bengak Habis ini kader DEMOKRAT!!!!

    1. Pengen nya Beb Rejeck kyk Arab Saudi pake System’ kerajaan, dgn Raja nya Ulama yg menebar kebencian (beda banget dgn Ajaran Rosul yg membawa kedamaian & Sopan Santun thd Agama lain), Raja Indonesia yg di-Pertuan Agung Beb Rejeck !!!

  4. Ini orang goblok kok bisa jadi politikus ya, di Arab itu udah dari jaman abu bakar udah pakai sistem khilafah. Ga pernah selama nabi Muhammad lahir sampai sekarang Arab Saudi pake sistem demokrasi itu ga pernah. Udah tua masih tolol aja

      1. Khilafah itu bukan paham mas…khilafah itu bagian dari Islam ..artinya kekuasaan berdasarkan ajaran Islam…Indonesia yg berideologi Pancasila termasuk ajaran Islam. Jd gak ada yg dipertentangkan. Banyak org awam gak paham khilafah to sok tau…kalo anda muslim pasti pernah belajar tapi kalo anda non muslim cari taulah apa itu khilafah….

  5. Mikir gimana caranya lunasin hutang dong… Kok mikir nya nyuruh sebarin ajaran khilafah disana???? Kita2 ajah yg islam ngk mau khilafah… Kita tekad pancasila itu udah final.. Dan kita ng mau pancasila jadi Khilafah atau Trisaka atay apalah… Dan secara logika cari gara2 sama negara lain.. Apalagi sama yg dekat dengan sekutu akan membuat negara akan makin tak aman, udah kena corona masa ditmbah perang lagi???? Mau anda arahkan kemana bangsa ini pak??? Baiknya bapak saja yang usul itu ke raja Arab.

  6. Tolol alias goblok.. Arab Saudi sisiteam nya khilafah ngapain lagi bicara khilafah di Arab Saudi?? Sudah menjalankan khilafah sisiteam hukum ISLAM. Ini berita nggak bermutu banget. Memecah belah persatuan

  7. Semakin yakin, banyak media jadi kaki tangan terroris, yang akhirnya korban terroris dituduh terroris, yang sangat pancasilais dituduh anti nasionalis. Iblis makin senang aja di zaman fitnah sekarang…

  8. Ferdinand tolol.tak ngerti jangan bahas khikafah.mau nyari kekuasaan tuh.sudah tak terpilih jadistress.

  9. Si Ferdinand yg sok tahu tentang Islam tapi goblok, di Arab semenjak zaman nabi sampai sekarang memang menganut sistem khilafah.asal tahu aja khilafah memang dari Arab Saudi awalnya. Si Ferdinand ngomong kayak buzzer rendahan aja, kalo gak tahu tentang Islam lebih baik diem. Si Ferdinand ini selalu menyerang Islam kenapa ya…. Kemarin menyerang ustadz Zul sekarang habib Rizieq. PKi yg nyata nyata di larang. Dalam tap MPR gak di nyinyirin..

    1. PKI di ributin, mana pki, kata gusdur pki d takutin, pki tu hanya bahan buat nyerang pemerintah pdhal pki tu hanya tggal nama, bukan kita anti islam, saya NU knp anda selalu nyerang2 kyai NU, apa tu yg di sebut khilafah, asal anda tau orang yg bunuh sehabat nabi, bukan orang pki bro…coba belajar lagi

  10. Anda juga lebih goblok ..udah jelas indonesia adalah beridelogi pancasila itu harga mati karena keberagaman , klo ada yg mau merubah itu inkonstitusional…sama juga dgn di arab klo mencoba merubab kerajaan itu makar bedanya di arab tidak seberagam indonesia mayoritas ampir 100 ℅ muslim Hukumnya syariat Islam ..sudah punya modal dasar untyk khilafah cuma tesikonya …MATI

  11. soalnya susah cari hewan hewan dongok macam anggota fpi dsana.. asal dikasih nasi bungkus auto bego kesurupan. si jijieq biarkan aja jadi pupuk kandang di gurun pasir.. drpd idupnya gk guna

  12. Sebenarnya kita itu harus belajar dari timur tengah kalo kita perang saudara pasti Amerika ato Soviet bahkan China bisa menjajah kita. Kita jgn sampai perang saudara seperti di timur tengah ingat itu.negara kita kaya sumber daya alam.klo kita perang mereka sangat mudah masuk ke Indonesia. Kita harus pinter jgn ego terus emosi lupa pada negara yg mengincar kita Indonesia, ayo kita hilangkan perbedaan kita satu Indonesia.jgn mau kita di adu domba.hilangkan ego kita.

  13. LU YG MONYONG GUOBLOK!! KATA SIAPA ARAB SAUDI PAKE SYSTEM KHILAFAH?? BELAJAR YANG BENAR!! DASAR GOBLOK!! PANTAS ORANG2 KAYAK LU GAMPANG DIBOHONGIN SAMA PARA USTAZ2 MUALAF TENGIL YANG CUMA PENGIN CARI DUIT DENGAN JELEK2IN AGAMA LAIN. JADI APA INDONESIA KLO DI PIMPIN ORG2 SEPERTI ANDA2.

  14. Sebenarnya kita itu harus belajar dari timur tengah kalo kita perang saudara pasti Amerika ato Soviet bahkan China bisa menjajah kita. Kita jgn sampai perang saudara seperti di timur tengah ingat itu.negara kita kaya sumber daya alam.klo kita perang mereka sangat mudah masuk ke Indonesia. Kita harus pinter jgn ego terus emosi lupa pada negara yg mengincar kita Indonesia, ayo kita hilangkan perbedaan kita satu Indonesia.jgn mau kita di adu domba.hilangkan ego kita.

  15. Begini ciri orang frustasi. Nggak punya kerjaan. Kesenangannya memprovokasi. Makan apa sich ini orang?; Jgn2 semua kaki dimakannya, bahkan kaki meja sekalipun. Kalau udah nggak laku minggir bung! Contoh bung Jensen Sitindaon, rekanmu dulu….meski kalah tapi berjiwa besar, tau diri dan omongannya makin berkwalitas. Mending bertapa dulu di Gunung Sibayak bung…. Pada saatnya nanti…turunlah.😀😀

  16. Anda kafir dan ngerti dengan Islam, bagusnya anda diam daripada buay pernyataan yang dapat bikin gaduh.

  17. Ini Jaka sembung bawa golok. Apa gedang godok. Atau mau mencampur adukan dan memperkeruh suasana. Kok habib Rizieq di sangkut pautkan dg HTI. Ngawur dan keblinger.

  18. Antum “bang Fdnan” sungguh ngaco.
    Knp ga tak tangkap yg jelas2 mau merubah Pancasila di Sini !!!.
    Org2 DPR tuh…teman2 ente…!!

  19. Cuma mau tanya, ferdinan ini ngerti apa soal agama, orang nggak pernah ngaji mau ngomong agama ya ngomongnya ngawurrr

  20. Baru wacana ngusung khilafah langsung dibubarin, tp yg nyata mau rubah pancasila udah nyampe jd bahasan RUU ko ga diapa2in ya?? Ada apa dg indonesiaku..

  21. Perasaan nggak ada gaunnya hti kok ribut sendiri ni orang penghianat partai demokrat.yg mau ganti Pancasila lo diam saja dasar otak penjilat buzerrp

  22. YANG KOMENT DI ARAB SUDAH KHILAFAH BELAJAR SANA BEGO TOLOL DUNGU, ARAB SAUDI ITU SISTEM KERAJAAN. YANG FANATIK AGAMA JGN TOLOL AMAT LO LO PADE.

  23. Ini orang comment ngurusin orang lain dan khilafah segala ….mbok yaoo gimana itu kok UU HIP mo di buat dan gimana jalan keluar menghadapi krisis yg s3bentar lgi dialami indobesia …penganggur dah mulai bertambah …perusahaan pda tutup dll

  24. Salut sama om fattih jenius tingkat dewa ,🤣🤣🤣🤣 ilmunya sudah merajalela… Kemuliaan hatinya mendunia….Dan pemikiranya seluas samudra….🤣🤣🤣🤣

  25. Sudahlah tidak usah ribut masalah agama dan Pancasila,NKRI harga mati katanya,tapi kenapa saat ini banyak rakyat yg kelaaparan,jadi pengangguran hanya berharap mendapatkan bansos,sedangkan tukang pacul aja ekspor dari luar,sudahlah pimipin saja negri ini dengan asas Pancasila,jadilah pemimpin seperti kepala rumah tangga,bila melihat anaknya kelaparan dia akan berusaha Hinga mendapatkan sesuatu untuk dibawa pulang,jadilah pemimpin yang di segani bukan di takuti seperti Firaun
    Salam INDONESIA RAYA

  26. Banyak bacot nih orang…ferdinan. urusi tuh ORang yang mau merubah pancasila. Koruptot.. Katanya Pancasilais. Semboyan doang kau.. Banyak bacot. HRS itu gak korupsi.. Nggak maling duit rakyat. Bnyak oceh kau ferdinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close