News

Denny buat polling 4 menteri layak dicopot, netizen kompak sebut nama ini

Presiden Jokowi baru-baru ini menghembuskan isu reshuffle di kabinet menterinya. Hal itu dia sampaikan lantaran tidak puas dengan kinerja sejumlah menteri yang bekerja lambat dan tidak punya sense of crisis di masa pandemi covid-19.

Terkait hal ini, pegiat media sosial Denny Siregar kemudian membuat polling di akun Twitter-nya. Dia ingin tahu, bagaimana respon netizen dan gambaran siapa saja menteri yang layak dicopot Jokowi.

Baca juga: Budiman bongkar partai yang usulkan Ekasila dan Trisila, bukan ‘banteng’

Setidaknya ada empat nama yang disebutkan Denny Siregar layak untuk dinilai kinerjanya. Pertama, yakni Menag Fachrul Razi, kedua Menpar Wishnutama, ketiga Menkes Terawan Agus Putranto, dan keempat Menhan Prabowo Subianto.

“Seandainya Pak Jokowi harus mereshuffle menterinya, menteri manakah kira-kira yang paling cocok untuk direshuffle?” kata Denny Siregar dalam akun twitter-nya, disitat Senin 29 Juni 2020.

Menteri kabinet Jokowi. Foto: Suara.
Menteri kabinet Jokowi. Foto: Suara.

Baru enam jam berjalan, tercatat sudah ada 11.906 akun yang turut berpartisipasi memberikan suara di polling Denny. Lalu bagaimana hasil sementara?

Dari data belasan ribu suara yang berpartisipasi sementara, 60 persen netizen menyebut Menag layak dicopot Presiden Jokowi. Di posisi kedua, ditempati Menkes dengan raihan 31 persen.

Sementara ketiga dan keempat, baru nama Menpar dan Menhan dengan masing-masing tiga dan tujuh persen.

Usai Denny membuat polling terkait siapa saja menteri yang kira-kira layak dicopot, netizen kemudian ramai-ramai memberikan komentar.

Ada yang menyebut mengapa tak memasukkan nama Menteri Kelautan Eddy Prabowo yang dikenal bermasalah, karena membuat kebijakan menjual benih lobster keluar. Adapula yang mempertanyakan mengapa Denny Siregar tak memasukkan nama Menteri Pendidikan Nadiem Makariem dalam bursam menteri yang layak dicopot Jokowi.

Atas hal ini, Denny menjawab karena list survei yang disediakan Twitter, hanya cukup untuk empat nama.

Presiden Jokowi. Foto Instagram @jokowi
Presiden Jokowi. Foto Instagram @jokowi

“Menteri Kelautan dan Perikanan harusnya masuk,” komentar seorang netizen.

“Yaowo, pas saya klik Menteri Agama, alamak 100 keluar. Itu berarti pendapat netizen +62 secara objektif menilai bahwa Menag harus diresign,” kata akun lain.

Ulama Tengku Zul yang juga pejabat MUI pusat juga turut bersuara melalui akun Twitter-nya. Kata Tengku Zul, reshuffle tidak akan menyelesaikan masalah yang terjadi di Indonesia.

“Mau reshuffle atau tidak, kayaknya tetap saja semuanya bakal nyungsep saja. Soalnya sudah sulit ditolong. Ibarat kanker sudah stadium empat. Mau gimana lagi? Tapi saya tetap bantu doa semoga tidak nyungsep lah. Amin,” kicaunya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close