Trending

Denny Siregar: Banyak warga DKI kelaparan, eh Anies malah ngecat genteng

Keputusan Pemprov DKI Jakarta mengecat genteng rumah warga di sekitar flyover tapal kuda Lenteng Agung, Jakarta Selatan menuai polemik dari sejumlah pihak. Bahkan, pengamat dan pegiat media sosial, Denny Siregar menuduh Gubernur Anies Baswedan hanya menghambur-hamburkan uang.

Pada video berjudul ‘Kalau Cuman Ngecat Genteng, Gak Usah Jadi Gubernur DKI’ di saluran Youtube CokroTV, Denny Siregar mengatakan, banyak masyarakat Ibu Kota yang kelaparan dan kehilangan mata pencaharian. Maka, keputusan Anies mengecat genteng rumah warga dirasa keliru, alias tidak tepat sasaran.

“Sekarang yang aneh dari kebijakan Anies Baswedan adalah ngecat genteng rumah warga yang tinggal di dekat flyover tapal kuda, Lenteng Agung. Belum jelas sih biayanya. Kalau enggak ratusan juta, nilainya bisa miliaran rupiah. Masalahnya, apa sih gunanya genteng dicat seperti itu?” ujar Denny, dikutip Selasa 19 Januari 2021.

“Supaya cantik? Supaya dikagumi orang? Supaya dipuja-puji?” sambungnya.

Genteng Rumah di Area Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung. Foto: Pemprov DKI.

Denny kemudian menyampaikan, bahwa selama pandemi, ekonomi DKI merosot hingga 8,22 persen. Banyak orang-orang kecil yang teriak usahanya ditutup, ojek online kehilangan banyak penumpang, pabrik-pabrik kesulitan memasarkan produknya, dan yang terparah, pengangguran meningkat hingga 4,41 persen.

“Lha, sudah jelas kita berada dalam masalah besar karena pandemi ini, ekonomi tidak berputar, masyarakat kecil banyak yang menganggur dan kelaparan, lalu bagaimana mereka bisa menikmati genteng warna-warni yang elu banggakan itu?”

“Apa orang (yang sedang kesusahan dan kelaparan) itu bisa dikasih makan genteng berwarna? Atau cuma dihibur dengan kata-kata, ‘bagus ya gentengnya, harusnya kalian bangga punya gubernur yang bisa ngecat genteng jadi berwarna’,” tutur Denny.

Kalau cuma ngecat genteng, buat apa Anies jadi gubernur DKI?

Lebih jauh, Denny menilai, Gubernur tak seharusnya mengurusi hal remeh temeh seperti mengecet genteng rumah. Sebab, ada masalah lain yang jauh lebih genting dan perlu segera diperhatikan.

“Kalau cuma ngecat genteng warna-warni, mending enggak usah jadi Gubernur DKI dah, Nies,” tegasnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Antara
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Antara

Denny Siregar kemudian menambahkan, di Malang, Jawa Timur ada kampung Jodipan yang rumah warganya dicat warna-warni. Namun, pengecetan itu bertujuan untuk meningkatkan sektor wisata di kawasan tersebut. Sehingga, kata dia, muaranya adalah peningkatan ekonomi warga.

“Lha, ini genteng di Jakarta dicat warna-warni tujuannya apa? Cuma pengen dipuja-puji doang? Apa bermanfaat buat warga sekitar secara ekonomi? Atau untuk warga Jakarta keseluruhan? Enggak ada kan,” kata dia.

loading...
Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close