Trending

Denny Siregar tuding ada peran MUI di balik kasus bom bunuh diri di Makassar

Pegiat media sosial yang belakangan dituding sebagai buzzer presiden, Denny Siregar turut mengomentari kasus pengeboman yang terjadi di area Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. Denny menduga, ada peran Majelis Ulama Indonesia (MUI) di balik kejadian tersebut.

Disitat dari video berjudul ‘MUI KE MANA AJA?’ di saluran Youtube 2045 TV, Denny Siregar pertama-tama menyebut, MUI sama sekali tidak serius memerangi kasus terorisme di Indonesia. Sebab, menurut dia, akar pemikiran radikal bermula dari pengajian-pengajian.

“Fase pertama orang melakukan aksi seperti itu adalah terpapar dulu. Nah, dari mana mereka terpapar? Dari pengajian-pengajian atau majelis-majelis di mana penceramahnya tidak diperhatikan MUI,” ujar Denny Siregar dikutip Rabu 31 Maret 2021.

Rekaman cctv bom bunuh diri di gereja. Foto: Ist.
Rekaman cctv bom bunuh diri di gereja. Foto: Ist.

Denny menambahkan, alih-alih fokus memberi pembinaan terhadap penceramah, MUI justru sibuk memberikan label halal pada sejumlah produk komersial. Itulah mengapa, Denny kerap bertanya-tanya mengenai fungsi keberadaan MUI di Indonesia.

“MUI lebih banyak memperhatikan kulkas dan baju untuk stempel halal. Mereka tidak pernah memperhatikan penceramah-penceramahnya yang sangat merusak, dan ini berbahaya.”

“MUI seperti gagap menghadapi mereka. Tidak mau berbicara bahwa penceramah ini adalah orang-orang yang tak boleh didekati,” urainya.

Berkaca pada hal tersebut, Denny beranggapan, pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar sejatinya hanya seorang korban. Sebab, menurutnya, sang pelaku yang tidak terlalu memahami agama mendapat guru atau pengajar yang keliru. Imbasnya, dia yang berniat belajar, justru masuk ke lembah hitam.

“Ketika dia mencari agama, dia bertemu penceramah yang salah. Akhirnya dia jadi ikut-ikutan salah. Nah, pertanyaannya, di mana peran MUI terhadap situasi ini?” tegasnya.

Foto dua terduga pelaku bom bunuh diri Makassar beredar. Foto: Instagram @makassar_iinfo
Foto dua terduga pelaku bom bunuh diri Makassar beredar. Foto: Instagram @makassar_iinfo

Denny Siregar ingatkan MUI jangan salah fokus

Denny Siregar kembali menekankan, bahwa ada peran MUI di balik kasus terorisme di Indonesia. Sebab, sekali lagi, mereka tidak menjalankan fungsi keagamaan dengan benar. Kini, kata dia, ketika aksi tersebut merajalela, mereka hanya bisa mengutuk tanpa mengambil tindakan nyata.

“Apa sih peran MUI selain membisniskan sertifikasi halal dan sibuk mencari yang haram? Ini lho yang penting, penceramah-penceramah yang salah selalu diberikan panggung,” kata dia.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close