Hobi

Mulai 27 September, deretan HP Android ini tak bisa gunakan Google Maps, Gmail hingga YouTube

Google akan menghentikan dukungan untuk HP Android lama alias jadul sebagai bagian dari dorongan keamanan mulai 27 September 2021 mendatang. Keputusan tersebut akan memengaruhi perangkat apa pun yang masih menjalankan Android 2.3.7, versi terbaru dari pembaruan yang dikenal sebagai Gingerbread.

Mulai tanggal 27 September tahun ini, semua perangkat tersebut akan dihentikan untuk masuk ke layanan Google, yang merupakan pusat pengoperasian perangkat. Perusahaan menyebutkan, setiap pengguna yang mencoba masuk maka akan melihat kata ‘errors’, yang menunjukkan bahwa perubahan itu adalah bagian dari perubahan keamanan.

“Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna kami, Google tidak akan lagi mengizinkan masuk di perangkat Android yang menjalankan Android 2.3.7 atau lebih rendah mulai 27 September 2021,” kata perusahaan dalam sebuah dokumen, seperti dilaporkan Liliputing.

Dokumen itu menyebutkan, jika setelah 27 September pengguna masih mencoba masuk maka mungkin akan mendapat kesalahan pada nama pengguna atau kata sandi saat mencoba produk layanan dari Google.

“Jika Anda masuk ke perangkat setelah 27 September, Anda mungkin mendapatkan kesalahan nama pengguna atau sandi saat mencoba menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, YouTube, dan Maps,” lanjutnya dikutip The Verge, Selasa 7 September 2021.

Logo Android. Foto: GrabCAD
Logo Android. Foto: GrabCAD

Android 2.3.7 sendiri dirilis hampir 10 tahun yang lalu. Tetapi mengingat bahwa ada lebih dari tiga miliar perangkat Android yang aktif di dunia saat ini, perubahan ini kemungkinan akan memengaruhi banyak orang yang mungkin masih berpegang pada teknologi lama.

Google dalam dokumen dukungannya juga mendesak agar siapa pun pengguna yang masih dapat memperbarui perangkat ke versi Android yang lebih baru untuk melakukan pembaruan, dan memastikan bahwa mereka masih memiliki akses ke aplikasi dan layanan Google.

Dokumen itu juga mencatat bahwa ponsel tersebut akan dapat masuk ke beberapa layanan Google melalui browser web bawaannya. Tapi itu menunjukkan bahwa tidak semua layanan dari mereka akan bekerja seperti biasanya.

Berikut ini adalah daftar HP Android yang masih menjalankan OS Gingerbread 2.3.7, dan mungkin masih digunakan oleh sebagian orang:

Sony Xperia Advance
Sony Xperia U
Sony Xperia ion
Sony Xperia Sola
Sony Xperia S
Acer Liquid Z
Acer Liquid Z Duo
Lenovo K800
Samsung Galaxy S
Samsung Galaxy S2
LG Optimus 3D Max
LG Optimus Elite
LG Spectrum
HTC Velocity 4G
Huawei Activa 4G

Jika kamu merupakan salah satu pengguna dari daftar HP di atas, ada baiknya untuk segera melakukan pembaruan supaya terus bisa mengakses layanan Google dengan nyaman, serta demi alasan keamanan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close