Hobi

Deretan motor wajib gunakan SIM C1, harga bekasnya menarik dilirik

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) mulai bulan depan akan menerapkan peraturan terkait SIM C1 untuk motor dengan kapasitas mesin di atas 50 cc. Lantas motor jenis apa saja yang wajib menggunakan SIM C1 mulai Agustus 2021 mendatang.

Batasan penggunaan motor dengan kapasitas di atas 250 cc ke atas ketika menggunakan sepeda motor dengan kualifikasi di atas mesin 250 Cc wajib menggunakan SIM C1 ketika berada di jalan raya.

Resminya peraturan penggolongan SIM C berdasarkan kubikasi mesin sepeda motor, mengharuskan pengendara tak boleh lagi menggunakan SIM C umum yang kategorinya mesin di bawah 250 Cc.

Ilustrasi perpanjang SIM A dan C
Ilustrasi perpanjang SIM A dan C. Foto: Antara

Berikut deretan motor wajib menggunakan SIM C1

Di Indonesia sendiri, tak banyak produsen yang menawarkan mesin dengan kubikasi mesin di atas 250 Cc dan di bawah 500 Cc, namun beberapa model yang dipasarkan di Indonesia terdapat BMW C400 yang masuk dalam bentuk build up atau CBU.

Selain itu ada produsen Honda yang menawarkan motor tipe cruiser yakni Rebel 500. Di pasar skuter matik terdapat Vespa GTS300 yang memiliki bodi cukup besar dibanding model Vespa lain yang dipasarkan Piaggio Indonesia.

Selain tiga produsen tersebut, distributor resmi Royal Enfield juga memiliki model motor gaya klasik dengan kapasitas mesin di bawha 500 Cc diantaranya Royal Enfield Bullet yang menawarkan mesin kapasitas 350 Cc serta ada model Royal Enfield Meteor dengan mesin sama 350 Cc.

Honda Rebel 300
Honda Rebel 300 Foto: AHM

Harga bekas motor kategori SIM C1

BMW C400

Motor skuter matik build up yang ditawarkan dengan harga cukup tinggi, di pasar motor bekas, tak banyak pemilik yang menjual motor matik racikan Jerman ini. Salah satu model BMW C400X di pasar motor bekas online ditawarkan dengan harga Rp245 juta.

Vespa GTS300

Motor skuter matik asal Itali ini merupakan salah satu model tunggangan yang cukup mewah, di pasar motor matik mesin di atas 250, GTS menjadi pilihan kalangan menengah ke atas. Model motor ini juga tak banyak ditawarkan di pasar motor bekas, hanya ada satu model GTS300 produksi tahun 2016 yang dibanderol sebesar Rp195 juta.

Honda Rebel 500

Produsen Honda memiliki jajaran motor big bike untuk kalangan menengah ke atas, salah satu model yang dipasarkan yakni tunggangan konsep cruiser yang nyaman untuk melakukan perjalanan jauh. Berbeda dengan motor kapasitas diatas 250 CC lainnya, Honda Rebel banyak ditawarkan pemiliknya dengan harga pasaran termurah yakni Rp135 juta untuk model tahun produksi 2016-2017.

Royal Enfield Bullet 350
Royal Enfield Bullet 350 Foto: Bikewale

Royal Enfield bullet

Royal Enfield Bullet merupakan motor gaya klasik untuk mesin 350 Cc ini ditawarkan dengan harga Rp85 juta tahun produksi 2017.

Itulah deretan motor harga bekas bermesin diatas 250 Cc dan berada di bawah 500 Cc yang harus menggunaan jenis SIM C1 ketika dikendarai di jalan raya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close