Hot

Desainer ceritakan rahasia soal jimat di gaun pengantin Putri Diana

Pernikahan mendiang Putri Diana pada Juli 1981 dengan Pangeran Charles tetap menjadi salah satu momen paling ikonik dalam sejarah kerajaan.

Tak hanya itu, pada momen tersebut, Putri Diana juga menampilkan salah satu gaun paling berkesan. Siapa yang bisa melupakan Putri Diana yang berjalan di lorong Katedral St Paul dengan gaun taffeta sutra gading yang antik dan luar biasa.

Baca juga: Disebut kekasih sehidup semati, ternyata Putri Diana tak pernah cintai Dodi Al Fayed

Dengan ekor gaun yang dibuat sepanjang 7 meter, gaun Diana menjadi salah satu gaun fenomenal dalam sejarah. Gaun pernikahan Diana juga mengandung 10 ribu payet dan hiasan mutiara.

Kreasi indah seharga £151.000 atau Rp2,6 miliar pada masanya, sangat memukau dan lekat dibenak para desainer dunia juga publik yang menyaksikannya.

Dilansir laman HALO! sang desainer yaitu David Emanuel menceritakan pengalamannya yang berkesan saat bekerja bersama Diana, membuat gaun, dan mengungkapkan beberapa fakta tentang gaun yang ciptakan tersebut.

Dalam sebuah acara peluncuran The Wonder Room di butik Bromley Brides di London selatan beberapa waktu lalu, Ia mengatakan bahwa dirinya bekerja dengan Putri Diana terasa seperti mimpi.

Gaun Putri Diana
Gaun Putri Diana, Foto: Hello!

“Diana itu cantik luar dalam. Bukan hanya sekadar gaun yang ia kenakan, Diana betul-betul sosok yang berhati emas. Kala itu ia masih sangat muda, Diana datang dengan menawan dan sedikit pemalu,” ujarnya.

Ia menceritakan awal mula kerja samanya dengan Diana dimulai ketia ia dan mantan istrinya menerima telepon dari Diana yang minta dibuatkan gaun pengantin.

Diana mengatakan ‘tertarik’ dengan gaun buatannya saat ada di lokasi syung Vogue.

“Saya membuat beberapa gaun untuknya sebelum pernikahan, yang pertama dilihat di depan umum adalah gaun hitam strapless dengan garis di leher kekasih, yang digunakan Diana saat turun dari limusin bersama Charles. Semua orang langsung terkesima melihatnya,” ujar David.

Keesokan harinya, ia langsung mendapat telepon dari Istana Buckingham.

”Tuan Emanuel, apakah Anda bertanggung jawab atas gaun pengantin Lady Diana? Terima kasih Tuhan,” kenangnya.

Sedetik, seluruh media di Inggrois langsung menelopn dan menanyakan tentang gaun tersebut.

“Tak lama Diana menelepon saya dan bertanya apakah saya mau mendesain gaun pernikahannya. Saya jawab tentu saja, itu suatu kehormatan bagi saya, ditelepon langsung oleh Diana,” katanya.

David juga sangat tersanjung kala ia bertemu Diana untuk berdiskusi soal model gaun pengantinnya.

“Kamu tahu, setiap desainer di dunia mengirimkan portofolio, tapi saya tidak menginginkannya. Saat itu saya langsung deg-degan. Diana paling pandai menyenangkan hati orang.”

Putri Diana saat bepergian tidak ditemani banyak pengawal. Ia disebut selalu tampil sederhana.

“Kala itu hanya kami bertiga, saya sendiri, mantan istri saya, dan Diana, tak ada pengawal lain di sekitar kami, hanya 2 orang berjaga di depan rumah,” jelas David.

Bahkan ketika Diana membawa ibunya, Frances Ruth Shand Kydd untuk memberi pendapat soal gaun tersebut, barulah para pengawal mulai berdatangan mengelilingi butiknya kala itu

“Mereka datang dengan rombongan besar. Segera setelah Nyonya Shand Kydd melihat desainnya dan dia menyukainya, kami langsung merobek desainnya karena kami tidak ingin orang melihatnya.”

Desain gaun pengantin Putri Diana
Desain gaun pengantin Putri Diana, Foto: Hello!

Jimat di gaun pengantin Putri Diana

David mengungkapkan Putri Wales tersentuh ketika dia mengungkapkan meminta sebuah toko perhiasan untuk membuat banduk manik-manik berbentuk tapal kuda berlapis emas, yang ia sematkan di gaun sebagai jimat lambang keberuntungan.

“Kami hanya memberi tahu Diana di hari pernikahannya. Dia tidak tahu tentang jimat tapal kuda itu dan sangat tersentuh setelah mengetahuinya.”

Gaun itu terbuat dari renda antik dari petanni sutra dan dia memiliki pita biru kecil yang dijahit ke ikat pinggangnya.

Dalam bukunya, A Dress for Diana, David menceritakan dirinya tidak mengubah apa pun tentang gaun itu. Ia menginginkan DIana tampil segar dan berkilau apa adanya.

Baca juga: Cara unik Putri Diana selundupkan kekasih gelap ke dalam istana

“Diana masuk sebagai Lady Diana Spencer dan keluar sebagai Princess of Wales. Saya menginginkannya ringan, kami memang berkilau di kerudung. St Pauls sangat luas, jadi itu tidak mungkin gaun kecil yang tenang,” jelasnya.

Ia yakin tren tersebut masih lazim hingga saat ini. “Kami memperkenalkan romantisme ke dalam gaun pengantin. Dan sekarang para wanita datang meminta gaun pesta romantis seperti Diana.”

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close