Trending

Detik-detik ngeri kebakaran Lapas Tangerang: Blok terkunci, cuma ada 15 petugas

Lapas Klas I Tangerang, Banten, kebakaran hebat. Kebakaran itu menyebabkan 41 orang tewas. Selain itu, menurut data dari Ditjen PAS, sebanyak 8 orang mengalami luka berat, dan 31 luka ringan.

Menurut Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Permasyarakatan, Rika Aprianti, yang terbakar hebat ini terjadi di Blok C. Di mana blok itu merupakan hunian warga binaan kasus narkoba.

Rika pun menceritakan detik-detik peristiwa mengerikan yang terjadi pada pukul 01.00 dini hari itu.

“Saat itu, di Blok C ada 122 warga binaan. Sementara petugas yang shift saat kebakaran terjadi di Lapas Tangerang ada 15 personel keseluruhan,” kata dia, live di Kompas TV, Rabu 8 September 2021.

Ketika kejadian, Lapas memang dikatakan tengah over kapasitas. Namun, kata Rika, warga binaan di blok-blok lain tidak dievakuasi dan masih terkunci di bloknya masing-masing.

Lapas Tangerang Kebakaran. Foto: Twitter.
Lapas Tangerang Kebakaran. Foto: Twitter.

Itu karena warga binaan di blok lain dinilai masih aman dari kobaran api. Sembari petugas yang ada mengawasi mereka.

“Memang over kapasitas, tapi sekali lagi ini terjadi di hampir semua lapas di Jabodetabek. Blok-blok lain alhamdulillah aman. Saat ini api juga sudah padam, alhamdulillah,” katanya.

Soal dugaan kebakaran, dia mengaku belum bisa bicara banyak. Karena masih harus menunggu penyelidikan di lapangan.

Ilustrasi penjara. Foto: Istimewa.
Ilustrasi penjara. Foto: Istimewa.

“Atas nama Ditjen PAS kami ucapkan bela sungkawa pada warga binaan yang meninggal dan dirawat. Dan yang dirawat kami akan berikan penanganan serius,” katanya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close