Hot

Lebih utamakan kewajiban ketimbang minta hak ke suami, Dewi Sandra bikin netizen debat

Dewi Sandra membuat warganet heboh dan memicu perdebatan di dunia maya. Ini lantaran pernyataan Dewi Sandra terkait dengan hak dan kewajiban seorang istri kepada suami, yang membuat warganet ‘terbelah dua’.

Pernyataannya itu ia sampaikan dalam bincang-bincang di kanal YouTube Daniel Mananta. Nah, potongan video Dewi Sandra yang bicara soal hak dan kewajiban istri itu kemudian potongannya beredar luas di media sosial seperti TikTok, Twitter hingga Instagram.

“Sebagai seorang istri gue enggak boleh menuntut hak gue. Karena gue harus memberikan kewajiban gue. Hak yang seharusnya aku dapat, aku tidak mengharapkan dari kamu, tapi dari Allah,” tutur Dewi Sandra, dikutip dari akun @luviku, Selasa, 23 Februari 2021.

Baca Lainnya

  • Pelantun lagu Buktikan itu kemudian memberi contoh kasus. Ia menjelaskan, meskipun misalnya sang suami tidak memberikannya uang belanja, ia bakal tetap melakukan kewajibannya sebagai seorang istri. Karena itu adalah tugasnya, kata dia.

    Dewi Sandra
    Sumber: YouTube Daniel Mananta

    “Contoh ya contoh. Misalnya, (suami) punya kewajiban dong untuk kasih aku uang belanja, misalnya. Tapi ternyata, suamiku enggak memberikan aku uang belanja. Apakah aku tidak melakukan kewajiban aku? Enggak boleh. Tugas aku melakukan kewajiban, tetap melayani, tetap ini, tetap itu,” imbuh Dewi.

    Lebih lanjut, mantan istri Glenn Fredly ini juga mengatakan bahwa untuk mengharapkan suatu hak, maka jangan berharap kepada manusia, melainkan kepada Tuhan.

    “Untuk hak, misalnya dapet uang belanja, gue mintanya sama Allah. Jadi kalo Allah kasih, bisa jadi enggak dari suaminya. Karena haknya itu sudah ‘milikmu’, ‘aku akan memberikan hak kamu’. Jadi jangan berharap sama manusia tentang hak. Tugas kita (menjalankan) kewajiban,” tuturnya.

    Warganet terbelah dua

    Ucapan Dewi Sandra tersebut lantas membuat warganet heboh dan berdebat. Sebagian warganet mengaku bingung dengan perkataan Dewi Sandra itu.

    Otakku dah aku puter-puter tapi kok gak bisa mencerna konsepnya yak?” kata @amb***.

    Gimana sih mksdnya ga ngerti. Pointnya tugas kita adalah ‘kewajiban’. Lah bukannya memberi nafkah juga adalah kewajiban suami,” komentar @mar***.

    Padahal nggak dikasih nafkah bisa jadi alasan untuk minta talaq. Pasrah amat Dewi,” tulis @mal***.

    Kalo tau gitu, ngapain bersuami?” cuit @ahm***.

    Apakah misalnya: Uang belanja kewajiban suami diberikan ke wanita lain, istrinya gak dapat haknya. Tapi berdoa, lalu dapat uang belanja yang jadi haknya dari suami orang lain. Gitu gak sih?” kata @yoe***.

    Sementara itu, sebagian lain ada juga yang memuji tingkat keikhlasan Dewi Sandra dengan sikapnya yang seperti itu.

    Dewi Sandra masuk Islam lagi
    Sumber: Instagram

    Tidak ada yang salah dengan ucapannya.. tidak juga masalah khawas.. ini masalah perumpamaan tentang mensikapi hak dan kewajiban seorang istri.. bukan juga soal kondisi wanita yg berbicara.. teliti dan simak dulu obrolannya,” kata akun @ada***.

    Ini ilmu ikhlas mbak dewi dah tinggi banget. Gue blum mpe tahap ini, masih jauh bgt. Duit kembalian kurang 5rb ajah msh nyariin. Gk usah mikir aneh2 pov dia.. dia meyakini rejeki dr Allah, mo lewat tgn suami or lainnya, bukan jd soal. Tp yaa, tiap org kadar ikhlas beda2,” tulis @sic***.

    Konsep ini berlaku untuk suami/laki2 yg paham kewajibannya terhadap istrinya. Untuk laki2 yg menuntut hak tpi meninggalkan kwajiban, jngan bersembunyi dibalik kata-kata diatas,” kata @lai***.

    Pada berantem di kolom komen, kalo gue sih mikirnya gini. ketika suami dan istri sama-sama taat dengan perintah Allah, ya mereka akan menunaikan hak2nya tanpa diminta. jadi tanpa dewi sandra minta, suaminya wajib menafkahi simply krn itu kewajiban dia,” tulis @ziz***.

    Inti yg gue dapet dari omongan mba dewi, jangan pernah berharap dari orang (misal suami yg kasih duit), atau materi (tabungan/kerjaan yg kita punya). Setelah kewajiban dilakukan, berharap cuma sama Allah aja. Nanti Allah yg kasih hak kita lewat orang2/macam2 hal,” cuit @rac***.

    loading...
    Topik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Back to top button
    Close