Trending

Di masa pandemi kalau lapar bisa kontak Kemensos RI, benarkah?

Pandemi COVID-19 terus berdampak terhadap kehidupan rakyat Indonesia. Bantuan pun terus digulirkan oleh pemerintah untuk memastikan rakyat tetap terpenuhi dari sektor ekonomi. Kendati begitu, pemberian bantuan itu tentunya akan disalurkan melalui mekanisme dan tahapan-tahapan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Gunanya, tertib administrasi. Kalau di Indonesia, melalui Kementerian Sosial atau Kemensos RI.

Baru-baru ini Kemensos RI meluncurkan program layanan pengaduan bansos kementerian sosial. Program itu merupakan upaya pemerintah dalam mengakomodir pengaduan-pengaduan tentang layanan bantuan sosial yang dapat disampaikan langsung oleh siapa pun. Tertera nomor telepon yang bisa dihubungi dan pengaduan hanya bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan.

Baca juga: Arab Saudi termasuk Mekah tak lagi lockdown? Cek fakta dulu

Namun ada-ada saja tingkah netizen. Sebuah pamflet lain muncul berjudul “Nomor bantuan sosial kementerian sosial”. Pamflet itu juga berisi narasi “Apabila ada masyarakat yang tidak mampu makan akibat dampak Covid-19, dapat langsung menghubungi nomor HP/WA pengaduan Bansos Covid-19”. Serta tertera nomor dan logo Kemensos RI.

Akun Kang Jo Wisesa ikut membagikan pamflet tersebut dengan narasi :

Nomor Bantuan Sosial Kementerian Sosial

Apabila ada masyarakat Indonesia yang tidak mampu makan akibat terdampak Covid-19, dapat langsung menghubungi nomor Hp./WA pengaduan Bansos Covid19 : 0811-10-222-10

Yuk bantu sebarluaskan & digunakan sebagaimana mestinya & hanya untuk yang berhak saja. Kalau ada di sekitar anda ada masyarakat yg kekurangan Mohon dibantu

Sumber : kemsos.go.id

Faktanya

Setelah ditelusuri ternyata pamflet tersebut salah alias hoax. Hal itu dapat dilihat dari postingan klarifikasi akun resmi @kemensosri dengan narasi :

Beredar poster di media sosial berlogo Kementerian Sosial yang berisi bahwa masyarakat yang tidak mampu makan akibat terdampak #COVID19 dapat menghubungi nomor aduan Bansos #COVID19.

Faktanya, memang benar @kemensosri membuka layanan aduan bantuan sosial penanganan #COVID19 dengan nomor 08111022210 Namun, kami tidak melayani pendaftaran penerima bantuan sosial melalui layanan aduan tersebut. 

Foto: kemsos.go.id

Nomor tersebut disediakan apabila masyarakat menemukan masalah terkait bantuan sosial seperti salah sasaran, penyelewengan, pungli, dll, masyarakat dapat membantu mengirimkan aduan, dengan format :

Nama Lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat (spasi) Aduan

#KemensosHadir #COVID19 #BansosLawanCovid19

#BersamaLawan Hoax

Pada intinya, pamflet berisi bantuan kurang makan akibat dampak COVID-19 merupakan disinformasi berkategori konten yang salah. (Reinardo Sinaga)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close