Fit

Mengenal diet air putih ala Yadi Sembako, sukses pangkas 10 kg berat badan

Diet air putih ala Yadi Sembako juga banyak diterapkan di negara luar.

Pelawak Yadi Sembako mengejutkan publik, tiba-tiba ia muncul dengan penampilan baru. Tubuhnya kini tak lagi tambun. Sebaliknya, Yadi justru tampil fit dan lebih segar.

Baca juga: Begini diet ala idol K-Pop ITZY, ada yang sarapan cuma minum air putih

Pria dengan nama lengkap Suryadi Ishaq ini dikenal sebagai pelawak atau komedian yang tingkahnya selalu mengundang gelak tawa. Pria kelahiran 17 Juli 1973 ini sempat eksis di layar kaca, namun belakangan terakhir namanya jarang disorot.

Setelah kemunculannya dengan penampilan baru, berat badan Yadi menjadi sorotan karena turun drastis. Dilansir laman Tribunews, Yadi mengaku menjalani diet dengan terapi air putih. Ia juga mengatakan bahwa diet itu sudah ia lakukan sejak 2015 silam.

Alasan diet yang dilakukannya karena ia merasa tidak nyaman dengan tubuhnya yang gemuk sehingga kerap menghambat aktivitasnya. Setelah menjalani diet, pelawak berusia 47 tahun itu pun berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 10 kilogram, kini berat badannya susut menjadi 65 kilogram.

Yadi Sembako
Yadi Sembako Foto: Instagram

“Yadi rasain punya badan agak gemuk atau agak gendut, pakai sepatu aja engap. Sekarang sudah enak, kita gerak jadi santai,” kata Yadi beberapa waktu lalu.

Selain menjalani diet, Yadi mengaku juga mengurangi porsi makan. Ia juga menghindari makan gorengan serta minuman dingin.

Untuk mendukung dietnya, Yadi juga rajin berolahraga. Di sisi lain menurutnya melakukan diet bukan berarti tak makan, hanya saja porsi makanannya yang harus dikurangi dan yang terpentig tetap memperhatikan kebutuhan kalori.

Banyak yang penasaran dengan diet yang dilakukan Yadi, Diet itu digadang-gadang bisa menurunkan berat badan 30 kilo dalam waktu satu bulan. Wah.. keren banget ya, tapi sehat gak sih?

Yadi Sembako
Yadi Sembako Foto: Instagram

Mengenal seluk beluk diet air putih

Diet air putih dianggap efektif dan efisien dalam menurunkan berat badan. Bahkan ada yang mengklaim bahwa diet ini bisa menurunkan berat badan hingga 30 kilogram dalam satu bulan.

Yp, diet ini terdiri dari dua cara. Pertama kamu tetap boleh mengonsumsi makanan, namun dengan skema defisit kalori.

Artinya kamu harus makan di bawah angka kebutuhan kalori perhari. Di sisi lain, kamu juga wajib mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak sebelum, sesudah, dan di sela-sela makan. Tujuannya untuk membendung nafsu makan dan memberikan efek kenyang.

Sementara itu, cara kedua yang dilakukan cukup ekstrim. Namanya water fasting atau puasa air putih yang satu ini tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi apapun selain air putih. Biasanya diet ini hanya boleh berlangsung beberapa hari secara berkala.

Dilansir laman Healthline, Diet ini tidak dianjurkan untuk sembarangan dilakukan karena cukup berbahaya. Karena itu sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter gizi kamu.

Manfaat diet air putih

Diet air putih dipercaya mampu menurunkan berat badan. Namun, perlu diingat bahwa penurunan berat badan di awal diet hanya akibat berkurangnya air dan cadangan karbohidrat di otot (glikogen), bukan lemak. Pemecahan lemak biasanya baru dimulai pada hari kedua.

Selain menurunkan berat badan, diet jenis ini juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah, emicu proses peremajaan tubuh, mengurangi risiko munculnya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker hingga mengurangi stres.

Baca juga: Setahun diet, pasutri sukses pangkas 176 kilo: Beda banget, sampai gak dikenali

Walaupun diet air putih bisa menurunkan berat badan, namun diet jenis bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan, seperti dehidrasi, kekurangan nutrisi, dan hipotensi.

Selain itu, diet air putih juga bisa membuatmu pusing, sulit untuk berkonsentrasi, dan menjadi kalap terhadap makanan setelah diet ini selesai.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close