Fit

Dikira ayah Habib Rizieq, siapa pria Pakistan yang berdiri dekat Soekarno?

Belakangan isu soal pentolan Forum Pembela Islam (FPI) yaitu Habib Rizieq kembali ramai.

Kali ini beredar sebuah foto hitam putih yang memperlihatkan presiden nomor satu di Indonesia Soekarano yang berdiri berdampingan dengan dua orang pria yang salah satunya disebut-sebut sebagai ayah dari Habib Rizieq.

Baca juga: Perintah pertama Soekarno setelah dilantik jadi presiden, isinya nyeleneh

Foto hitam putih yang beredar di media sosial ini tentu menghebohkan banyak orang karena diiringi narasi ‘hasut’ yang menyebut bahwa foto tersebut meruakan fakta sejarah yang ditutupi.

Foto itu pertama kali diunggah oleh akun Facebook Bambang Widy pada 2 Agustus 2020 lalu. Dalam foto itu nampak Soekarno berdiri berdampingan dengan Jendral Soedirman dan seorang pria berkebangsaan asing. Dari parasnya terlihat kalau pria asing itu mirip etnis Timur Tengah.

“Agar publik melek politik sejarah. Ada yg tahu siapa laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soedirman saat itu saat itu?!… Beliau adalah ayahandanya Habieb Rizieq Shihab berita ini sengaja di tutupi sejarah oleh compeni pemerintah penjajah saat itu yakni Belanda karena khawatir umat islam bersatu,” tulis narasi dalam foto tersebut.

Isi hoax yang beredar soal Habib Rizieq
Isi hoax yang beredar soal Habib Rizieq Photo: Turn Back Hoax

Si pemilik akun yaitu Bambang Widy turut memberi komentar, dengan bahasa daerah.

“Inyong jg nembe ngerti….SEKARANG DI KUYO2 SAMA PENGHIANAT NEGRI.”

Ternyata bukan ayah Habib Rizieq

Unggahan ini ramai direspons warganet dan 160 kali dibagikan. Mendapati temuan tersebut, Turn Back Hoax menulis bahwa unggahan tersebut adalah Hoax.

Faktanya, pria itu bukanlah ayah Habib Rizieq Shihab, melainkan pria bernama Mohammad Yunus Khan yang menjadi salah satu anggota Indian Foreign Service, sekaligus juga duta besar India untuk Indonesia.

Lebih lanjut, foto itu diketahui diambil saat mereka bertiga meninjau Magelang pada tanggal 27 Agustus 1948.

Wajah pria di foto itu sangat identik dengan Mohammad Yunus Khan, yang memang beberapa kali berkunjung ke Indonesia. Misalnya, berkunjung ke Jombang, Jawa Timur pada 1947. Juga saat kunjungan bersama Presiden Soekrano ke Wonosobo, Jawa Tengah pada 3 Maret 1948.

Mohammad Yunus memang pernah menjabat sebagai duta besar India untuk Turki, Indonesia, Irak, dan Spanyol.

Sementara itu, ayah Habib Rizieq Shihab adalah Habib Hussein bin Muhammad Shihab atau Hussein bin Muhammad bin Hussein bin Abdullah bin Hussein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab, adalah seorang pendiri gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937.

Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh orang Indonesia berketurunan Arab yang berada di Jakarta, yang selanjutnya berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).

Hussein Shihab merupakan seorang Betawi keturunan Hadhrami. Ayahnya bernama Muhammad bin Hussein Shihab, sedangkan ibunya merupakan sepupu dari pendekar Betawi, Si Pitung.

Hussein Shihab wafat pada tahun 1966 saat putranya, Muhammad Rizieq Shihab berusia 11 bulan, sehingga sejak saat itu Rizieq hanya diasuh oleh ibunya, Syarifah Sidah, dan tidak dididik langsung oleh Hussein Shihab.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close