Trending

Dilantik jadi Wali Kota, FX Rudy malah ingatkan Gibran untuk tebus ijazah sekolah

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi dilantik jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo. Dalam pelantikan tersebut, mantan Wali Kota Solo FX Rudyatmo mengingatkan kembali agar Gibran melanjutkan kebijakannya yakni menebus ijazah para pelajar di sekolah.

“Salah satunya menebus ijazah siswa yang tertahan di sekolah,” ujar pria yang karib dipanggil FX Rudy tersebut, mengutip Bengawannews, pada Jumat, 26 Februari 2021.

FX Rudy mengingatkan hal tersebut kepada Gibran lantaran di Solo banyak sekali ijazah pelajar yang terpaksa ditahan oleh sekolah karena memiliki tunggakan bayaran yang belum dilunasi.

Adapun permasalahan ijazah ditahan semacam itu biasanya terjadi di sekolah-sekolah swasta.

Ketua DPD PDIP Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo saat memberikan keterangan soal rekomendasi bakal calon yang diusung PDIP Pilkada 2020, di Balai Kota Surakarta, Kamis (16/7/2020). Foto: Antara
Ketua DPD PDIP Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo saat memberikan keterangan soal rekomendasi bakal calon yang diusung PDIP Pilkada 2020, di Balai Kota Surakarta, Kamis (16/7/2020). Foto: Antara

Bahkan dalam pengalamannya memimpin Kota Solo, ada seorang pelajar yang tak mampu bayar sekolah dan menunggak hingga tiga tahun lamanya.

Dalam kasus itu, FX Rudy mengaku mengeluarkan uang pribadinya untuk melunasi utang biaya sekolah siswa tersebut.

“Ada siswa yang tidak mampu bayar sekolah sampai tiga tahun hingga tunggakannya mencapai Rp 7 juta,” jelasnya.

FX Rudy mengingat kembali awal terlaksananya kebijakan menebus ijazah pelajar di Kota Solo. Kala itu aksi melunasi tunggakan siswa demi mendapat ijazah ini dilakukan sejak dia masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo mendampingin Wali Kota Solo Joko Widodo.

Mulai saat itulah FX Rudy gencar melakukan aksi terhadap sejumlah pelajar yang tersangkut masalah biaya untuk mendapatkan ijazah.

Meski rutin dilakukan sejak lama, hingga dia purna tugas saat ini masih banyak sekali ijazah siswa yang tertahan di sekolah-sekolah.

Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilkada Solo.
Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilkada Solo. Foto: Suara.com

Oleh sebabnya FX Rudy berharap kepada Gibran untuk bisa menlajutkan aksi tersebut dan para pelajar yang kekurangan biaya bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kota Solo.

“Saya harap mereka (pelajar yang ijazahnya ditahan karena biaya) mendapatkan perhatian,” ungkapnya.

Lebih lanjut FX Rudy percaya bahwa Gibran yang terpilih sebagai Wali Kota baru di Solo bisa menyelesaikan sejumlah masalah yang ada.

“Wali kota yang baru lebih muda dan gesit,” imbuhnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close