Lifestyle

Dilarang WHO, RI tetap ngeyel gunakan obat malaria chloroquine untuk covid-19

Sejak Maret silam, chloroquine digunakan secara meluas di Indonesia, termasuk oleh pasien corona dengan gejala ringan dan berat. Bahkan Indonesia telah melakukan impor obat tersebut dalam jumlah besar.

Baca juga: Obat virus corona chloroquine disebut sudah ada di Indonesia sejak tahun 1955

Ini sesuai dengan perintah WHO yang sebelumnya melakukan uji coba chloroquine pada pasien korona di 30 negara, termasuk Indonesia. Namun, belakangan WHO menghentikan uji coba tersebut.

Obat
Obat Photo: Pixabay

Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, chloroquine terbukti berisiko efek samping hingga kematian bagi pasien. Bahkan, berdasarkan percobaan klinis di beberapa negara, seperti Prancis, Brasil, dan Amerika, chloroquine terbukti meningkatkan risiko gangguan detak jantung yang dapat berujung pada kematian.

Dalam surat masukan yang dikirim oleh WHO kepada Kementerian Kesehatan RI, organisasi kesehatan global tersebut secara tegas mengatakan bahwa penggunaan obat harus dihentikan bagi pasien Covid-19 di luar uji coba.

Dilansir dari Straits Times, Wiku Adimasmisto, salah seorang anggota satgas covid-19, mengatakan bahwa Indonesia akan menaati masukan WHO terkait percobaan obat. Kendati demikian, Indonesia tetap akan menggunakan chloroquine untuk penggunaan umum di bawah pengawasan yang ketat.

“Berdasarkan Kementerian Kesehatan, panduan penanganan pasien yang dipublikasikan oleh lima profesi medis tetap akan melanjutkan penggunaan obat, dengan dosis yang lebih kecil dan durasi administrasi yang lebih singkat,” tuturnya.

Sebelumnya, presiden Amerika, Donald Trump dengan gencar mempromosikan hydroxychloroquine lewat akun Twitter-nya. Ia bahkan menyebut klorokuin sebagai “game changer” atau pembawa perubahan di dunia medis. Trump sendiri mengaku bahwa dirinya mengonsumsi klorokuin sebagai tindak pencegahan untuk covid-19.

Beberapa negara Eropa, seperti Prancis, Belgia, dan Italia, telah mengambil langkah tegas untuk melarang total penggunaan chloroquine. (Naryati)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close