Trending

Disebut mirip salib, ternyata ini makna logo HUT RI ke-75

Mendekati Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, logo HUT RI ke-75 justru menuai pro kontra. Beberapa ormas menyatakan keberatan dengan penggunaan logo tersebut karena dianggap mirip dengan simbol salib. Beberapa di antaranya adalah Aliansi Ummat Islam Karanganyar (AUIK) dan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS).

Dilansir dari laman resmi Kementerian Sekretariat Negara, logo HUT RI ke-75 ternyata memiliki makna dan filosofis sebagai berikut.

Baca Juga: Ada protes spanduk HUT RI simbol salib, Aa Gym: Harus kita maklumi

Logo HUT RI ke-75 merupakan supergrafis yang terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo “75 tahun”. Logo tersebut kemudian dipecah kembali menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai-nilai luhur Pancasila.

Simbol lingkaran melambangkan fokus, simbol 3/4 lingkaran melambangkan global, sedangkan dua lingkaran yang saling berhimpit melambangkan gotong royong.

Selain itu, simbol kotak melambangkan kokoh. Adapun simbol garis yang bervariasi melambangkan kemajuan, merata, progres, dan efisien. Simbol garis bergelombang melambangkan maritim, dan simbol dua mata panah melambangkan berkembang.

Logo HUT RI ke-75 Foto: Kemensetneg
Logo HUT RI ke-75 Foto: Kemensetneg

Kemensetneg sendiri menyebut bahwa pengaplikasian logo supergrafis cukup fleksibel dan dapat ditempatkan secara abstrak. Kendati begitu, Kemensetneg memberikan tiga pilihan komposisi penggunaan logo sebagaimana berikut.

Logo HUT RI ke-75 Foto: Kemensetneg
Logo HUT RI ke-75 Foto: Kemensetneg

Tak hanya itu, logo “75” dalam HUT RI juga ternyata memiliki makna tersendiri yang memiliki empat poin penting.

Garis atas pada angka 7 melambangkan pemerataan ekonomi dan kualitas hidup seluruh rakyat Indonesia. Garis bergelombang pada angka 7 melambangkan progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrastruktur. Badan angka 5 melambangkan regenerasi, dan bentuk perisai melambangkan kesatuan Indonesia.

Logo HUT RI ke-75 Foto: Kemensetneg
Logo HUT RI ke-75 Foto: Kemensetneg

Meski beberapa pihak menyatakan kontra dengan penggunaan logo yang disebut mirip salib, namun tak sedikit juga yang pro dan merasa bahwa pendapat tersebut terlalu mengada-ngada.

Beberapa tokoh politik tanah air dari berbagai partai pun telah ikut buka suara terkait hal ini. Mereka di antaranya adalah Hidayat Nur Wahid, Guntur Romli, dan Yunarto Wijaya, bahkan hingga pemuka agama seperti Aa Gym. (CTH)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close