Trending

Disinggung maju jadi Capres, jawaban Ganjar malah sebut nama Mensos Risma

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat pertanyaan terkait majunya dia dalam ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sebagai calon presiden (Capres).

Pertanyaan itu dilayangkan tatkala Ganjar mendatangi makam Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno untuk berziarah di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu, 24 Oktober 2021.

Muslima Fest
Ganjar Pranowo. Foto: Antara
Ganjar Pranowo. Foto: Antara

Usai berziarah, Ganjar kemudian menunaikan salat zuhur di musala Makam Bung Karno. Ditemui wartawan usai shalat, Ganjar mengaku tidak ada agenda khusus ziarah ke Makam Bung Karno. Ganjar mengaku hanya berniat ziarah setelah sebelumnya mengunjungi Taman Anggrek Ranu Darungan di Lumajang, Jawa Timur.

“Ya cuma ziarah, tadi dari lihat anggrek terus ke sini,” katanya kepada wartawan, dikutip Hops.id pada Senin, 25 Oktober 2021.

Lebih lanjut ketika ditanya soal majunya jadi Capres, Ganjar pun memilih bungkam dengan menjawab singkat dan mempertanyakan kembali terkait survei apa yang dimaksud.

Kader PDI Perjuangan ini justru menjelaskan kedatangannya ke makam Soekarno dan menegaskan kunjungan itu dilakukan usai dia menyambangi Semeru, kemudian ingin melihat Anggrek.

“Survei apa. Saya dari Semeru, melihat Anggrek mampir ke sini,” kata Ganjar.

Ganjar puji Mensos Risma

Usai memilih tak menjawab soal hasil survei Pilpres 2024, Ganjar justru mengapresi apa yang dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma yang ingin merawat dan melakukan perbaikan di makam Bung Karno.

Dia menilai makam Soekarno saat ini lebih bersih dan terawat, sehingga yang berziarah pun nyaman.

“Lebih baik, lebih bersih. Semua juga bisa merawat, sehingga yang datang berdoa tenang,” kata dia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) berbincang dengan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (kiri) saat berkunjung di kawasan Makam Presiden Soekarno, Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021). [Antara/Irfan Anshori]
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) berbincang dengan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (kiri) saat berkunjung di kawasan Makam Presiden Soekarno, Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu (24/10/2021). [Antara/Irfan Anshori]

Ganjar juga menegaskan dirinya tidak ada janji bertemu dengan Mensos di makam Bung Karno. Ia baru ada kegiatan kaki Gunung Semeru, sehingga setelah selesai singgah ke makam Bung Karno di Blitar.

“Mboten (enggak) janjian. Bu Risma kan sudah dua hari ini di sini, beliau kerjaannya top banget ini. Beresin ini itu. Ya kebetulan saja pas saya ke sini ketemu. Eh terus Bu Risma ke mana ya,” ujarnya.

Sementara itu, kehadiran Ganjar di makam Bung Karno juga menyita perhatian peziarah serta simpatisan. Mereka sempat berebut hendak mendekati, namun karena harus jaga jarak, warga pun menghormatinya dan dialog dari jauh.

Ganjar pun juga sempat bertemu dengan Mensos yang kebetulan berada di lokasi makam Bung Karno.

Keduanya dialog sebentar di tempat publik tersebut sebelum akhirnya Ganjar menuju ke lokasi pusara Bung Karno dan Mensos kembali memantau perawatan fasilitas di area makam.

Di lokasi makam, Ganjar dan rombongan berdoa dan setelahnya tabur bunga. Ia juga sempat ke lokasi masjid di area makam, ke lokasi tempat istirahat lalu meninggalkan lokasi makam.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close