Hobi

Ditanamkan chip oleh Elon Musk, monyet ini bisa main video game lewat pikiran

Elon Musk membagikan sebuah video yang menampilkan seekor monyet main video game pada Jumat (9/4) lalu. Monyet itu bisa memainkan video game sederhana setelah mendapatkan implan teknologi baru.

Video berdurasi tiga menit yang yang diunggah oleh perusahaan chip milik Elon Musk, Neuralink, menunjukkan Pager, seekor kera jantan dengan chip yang tertanam di setiap sisi otaknya tengah memainkan Mind Pong.

Pager dilatih untuk menggerakkan joystick. Namun kemudian usai stekernya dicabut, ia bisa mengontrol permainan hanya dengan berpikir tentang menggerakkan tangannya ke atas atau ke bawah.

Monyet bermain video game lewat pikiran usai ditanam chip di otak. Foto: YouTube Neuralink
Monyet bermain video game lewat pikiran usai ditanam chip di otak. Foto: YouTube Neuralink

“Produk @Neuralink pertama akan memungkinkan seseorang dengan kelumpuhan untuk menggunakan smartphone dengan pikiran mereka lebih cepat daripada seseorang yang menggunakan jempol,” cuit Elon Musk di Twitter.

Melansir laman The Guardian, Selasa 13 April 20221, kata suara di dalam video tersebut, Neuralink bekerja dengan merekam dan mendekode sinyal listrik dari otak menggunakan lebih dari 2.000 elektroda yang ditanamkan di daerah korteks motorik monyet yang mengoordinasikan gerakan tangan dan lengan.

“Dengan menggunakan data ini, kami mengkalibrasi decoder dengan secara matematis memodelkan hubungan antara pola aktivitas saraf dan berbagai gerakan joystick yang mereka hasilkan,” katanya.

Neuralink sendiri didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2016 silam dan berbasis di San Fransisco. Perusahaan ini bertujuan untuk menanamkan chip komputer otak nirkabel untuk membantu menyembuhkan kondisi neurologis seperti alzheimer, demensia, dan cedera tulang belakang serta menggabungkan manusia dengan kecerdasan buatan.

Elon Musk
Elon Musk. Foto: The Verge

Sebelumnya, pada Agustus 2020 lalu, Elon Musk meluncurkan seekor babi dengan implan chip Neuralink, yang ia gambarkan sebagai ‘Fitbit di tengkorak Anda’.

Lebih jauh lagi, pada Juli 2019 lalu, Neuralink memamerkan desain yang melibatkan penanaman ‘benang’ elektroda kecil ke otak serta perangkat lain di belakang telinga.

Musk telah lama memiliki sejarah menyatukan beragam ahli untuk mengembangkan teknologi yang sebelumnya terbatas di laboratorium akademik, seperti untuk roket dan kendaraan listrik, melalui perusahaan seperti Tesla Inc dan SpaceX.

Lihat video selengkapnya, monyet bermain game yang dikontrol melalui pikirannya, di bawah ini:

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close