Fit

Divaksin covid-19 sambil jalankan puasa, sebaiknya hindari hal ini

Divaksin sambil puasa, apakah ada tata caranya?

Pelaksanaan vaksinasi gelombang ke-2 berlangsung selama puasa Ramadan 1442 Hijriah. Tak sedikit Masyarakat yang khawatir menjalankan puasa sementara itu harus menjalani vaksinasi.

Terlebih lagi, Satgas Covid-19 menganjurkan untuk sarapan sebelum divaksin. Bagaimana baiknya divaksin sambil menjalankan puasa?

Terkait hal itu Epidemiologi Universitas Padjajaran, Budi Sudjatmiko mengingatkan masyarakat yang hendak vaksinasi Covid-19 di bulan puasa untuk makan sahur dan tidur cukup.

Secara medis, ia mengatakan, tidak terdapat perbedaan perlakuan vaksinasi saat bulan puasa maupun di luar bulan Ramadan.

“Secara medis tidak ada pengaruh dari berpuasa terhadap vaksinasi,” ujarnya seperti dikutip di laman Unpad, Kamis 7 April 2021.

Karena itu, tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti vaksinasi dikala berpuasa Ramadan (divaksin sambil puasa).

Ilustrasi botol vaksin Covid-19. Foto: WFAA-TV
Ilustrasi botol vaksin Covid-19. Foto: WFAA-TV

Ia menegaskan peserta harus menghindari kelelahan, hanya perlu istirahat yang cukup dan dipastikan makan yang cukup di waktu sahur.

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unpad ini mengatakan calon peserta vaksin sebaiknya memakan makanan dengan memenuhi kebutuhan gizi.

“Di antaranya mengandung protein yang cukup, makan sayur-sayuran, hingga mengandung lemak yang cukup. Peserta juga bisa menambah kandungan protein dengan mengonsumsi susu sebagai pelengkap makan sahur,” katanya dilansir laman Tempo Kamis 8 April 2021.

Divaksin saat puasa boleh batal saat gejala pascavaksin menyerang

Jika gejala tanpa vaksin muncul, lebih lanjut Budi mengatakan, jika peserta mengalami gejala-gejala tertentu atau mengalami Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) di vaksinasi tahap pertama, sebaiknya bisa melakukan antisipasi dini.

“Jika peserta ada yang mengalami gejalanya agak parah pas vaksin pertama, mungkin saat vaksin kedua ini perlu dipersiapkan lagi,” ungkapnya.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo
Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo. Foto Antara/YouTube BNPB.

Ia mengatakan, apabila mengalami kondisi seperti lemas atau mengalami dehidrasi maka peserta dapat mempertimbangkan untuk membatalkan puasa agar tidak mengalami gejala serius.

Selain itu, wajib menghubungi narahubung vaksin atau layanan kesehatan terdekat jika mengalami KIPI.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close