News

Djoko Tjandra nginap di Rutan Salemba, diserahkan ke Kejati Jakarta

Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri menyerahkan terpidana Djoko Tjandra kepada Kejaksaan Tinggi Jakarta dan Rumah Tahanan Salemba, Jumat malam 31 Juli 2020. Djoko Tjandra dibui di Rutan Salemba.

“Hari ini di Bareksrim Polri ada penyerahan terpidana kasus korupsi Bank Bali sesuai putusan peninjauan kembali (PK) Mahkamah Agung atas nama Djoko Tjandra,” ujar Kabareskrim Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di loby Bareskrim Polri, Jakarta.

Baca juga: Infografis: Riwayat Djoko Tjandra dari awal kasus, buron sampai diborgol

Djoko Tjandra Rutan Salemba

Djoko Tjandra ditangkap Bareskrim
Djoko Tjandra ditangkap Bareskrim. Foto ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Dalam agenda yang berlangsung pukul 21.00 WIB, dihadiri Kabareskrim dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jakarta beserta Kepala Rutan Salemba.

Sejumlah pimpinan lembaga tersebut menandatangani surat berita acara serah terima.

“Malam ini juga secara administrasi penyerahan terpidana kasus saudara Djoko Tjandra yang nantinya Polri, Kejaksaan dan Kemenkum HAM malam ini hadir dan melihat prosesnya seperti apa,” katanya.

Agenda tersebut disusul penandatanganan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari Polri ke Kejaksaan dan Kepala Rutan.Djoko Tjandra dibui di Rutan Salemba.

Djoko Tjandra ditangkap

Djoko Tjandra ditangkap
Djoko Tjandra ditangkap. Foto ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Djoko Tjandara akhirnya berhasil ditangkap oleh kepolisian. Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan penangkapan Djoko Tjandra berkat kerja sama Polri dengan Polisi Diraja Malaysia.

Djoko Tjandra ditangkap kepolisian Diraja Malaysia di Kuala Lumpur dan diserahkan oleh tim Bareskrim Polri. Riwayat Djoko Tjandra buron berakhir.

Djoko Tjandra mendarat di Bandara Halim pada Kamis malam 30 Juli 2020 pukul 22.35 WIB. Saat mendarat, buronan berjuluk Joker itu mengenakan baju tahanan orange dan tangan diborgol.

Dalam catatan Djoko Tjandra buron selama 11 tahun sebelum ditangkap. Djoko mulai kabur pada 10 Juni 2009 dan ditangkap pada 30 Juli 2020.
Sedangkan kasusnya sudah mulai disidang pada Agustus 1999.

Djoko dinyatakan bersalah dan dijatuhi vonis 2 tahun bui, denda Rp15 juta dan Rp546 miliar di Bank Bali dirampas untuk negara. Kini setelah ditangkap, Djoko Tjandra akan menjalani hukuman bui 2 tahun.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close