Unik

Doa Iftitah dalam salat: Lengkap tulisan Arab, hukum, dan terjemahannya

Doa Iftitah dibaca setelah mengucapkan takbiratul ikhram pertama sebelum membaca Surah Al Fatihah dalam salat. Biasanya, doa Iftitah juga disebut bacaan Allahu akbar kabiro. Hops kini akan mengulas doa Iftitah lengkap dengan tulisan Arab, hukum, serta terjemahannya. Berikut ulasannya.

Doa Iftitah dan terjemahannya

Bagi umat Muslim tentunya tak asing lagi dengan doa Iftitah dalam salat. Diketahui, terdapat dua versi bacaan doa Iftitah, yakni yang bacaannya pendek dan yang bacaannya panjang. Berikut bacaan Iftitah lengkap dengan dengan cara membaca dan terjemahannya.

الله أكبر كَبِيرا، وَالْحَمْد لله كثيرا، وَسُبْحَان الله بكرَة وَأَصِيلا

“Allahu Akbar kabiro, walhamdu lillahi katsiro, wasubhanallahi bukrotaw wa ashila.”

Doa Iftitah
Sumber: Pinterest

Arti dari doa tersebut adalah “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Mahasuci Allah pada waktu pagi dan petang.”

للهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ .

“Allaahu akbaru Kabiira Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.”

Artinya adalah “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).”

Hukum membaca bacaan Iftitah

Doa Iftitah
Sumber: Pinterest

Hukum membaca bacaan Allahu akbar kabiro dalam salat adalah sunnah, yakni boleh dibaca maupun tidak. Namun, alangkah baiknya kalau doa iftitah dibaca saat menunaikan ibadah salat sehingga salat menjadi lebih sempurna.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close