Unik

Doa niat wudhu: Tata cara, bacaan latin dan terjemahan lengkap

Segala ibadah yang dilakukan dalam ajaran Islam biasanya diawali dengan niat. Begitu juga niat wudhu yang jadi salah satu rukun sahnya wudhu.

Niat wudhu penting diucapkan karena wudhu salah satu rukun syarat sahnya salat. Rasulullah SAW pernah bersabda. “Allah tidak akan menerima shalatnya orang yang hadas sehingga orang itu mengambil wudhu.” (HR Bukhari).

Dilansir laman Suara, wudhu juga bertujuan untuk membersihkan kotoran yang berada di tubuh dan membersihkan diri dari najis dan hadas kecil.

Ketentuan itu diungkap Allah SWT dalam sabdanya dalam Surat Al-Maidah ayat 6:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Maidah: 6).

Membaca niat wudhu dimulai saat membasuh keseluruhan wajah, tujuannya untuk menghilangkan hadas, bersuci dari hadas dan niat untuk diperbolehkan untuk mengerjakan shalat

Berikut ini Niat Wudhu yang diucap saat membasuh wajah.

“Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil wajib karena Allah Ta’ala”.

Diiringi dengan niat wudhu, kamu bisa segera melakukan beberapa gerakan wudhu. Berikut ini langkahnya.

1.Membaca basmallah saat membasuh kedua tangan dan jari
2.Berkumur selama 3 kali
3.Mencuci hidung selama 3 kali
4.Membasuh muka dengan membaca niat wudhu
5.Membasuh kedua tangan hingga siku
6.Membasuh kepala dan rambut selama 3 kali
7.Membasuh kedua telinga selama 3 kali
8.Membasuh kedua kaki selama 3 kali
9.Setelah melakukan seluruh gerakan wudhu
10.yang terakhir harus dilakukan adalah doa setelah berwudhu.

Ilustrasi sholat taubat. Foto: Freepik
Ilustrasi sholat taubat. Foto: Freepik

Doa setelah wudhu

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

Dalam melakukan gerakan – gerakan wudhu, gerakan harus dilakukan secara berurutan dan tidak boleh dibolak – balikkan urutannya agar wudhu menjadi sah.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close